100 hektare lahan karet masuk program peremajaan
Kabar Ibu Kota

100 Hektar Komoditi Karet di Paser Masuk Peremajaan

  • IBUKOTAKINI.COM – Sedikitnya 100 hektare lahan karet di Kabupaten Paser masuk dalam kegiatan peremajaan atau penggantian tanaman tua/rusak. Peremajaan ini dalam
Kabar Ibu Kota
Admin

Admin

Author

IBUKOTAKINI.COM – Sedikitnya 100 hektare lahan karet di Kabupaten Paser masuk dalam kegiatan peremajaan atau penggantian tanaman tua/rusak. Peremajaan ini dalam upaya menunjang pembangunan perkebunan berkelanjutan di Kalimantan Timur. 

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, diwakili Plt Kepala Bidang Pengembangan Komoditi, Hj Zuraida Henny Hapsari mengatakan pihaknya tidak hanya fokus mengembangkan komoditas unggulan kelapa sawit.

"Tetapi, juga mengembangkan komoditi unggulan lainnya, seperti karet," kata Zuraida saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Ketua Kelompok Tani Jaya Abadi, Sutarna, baru-baru ini. 

Tahun anggaran 2021 ini, ujar Zuraida, pihaknya memperoleh dukungan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) guna peremajaan perkebunan karet seluas 100 hektar yang dilaksanakan melalui Kelompok Tani Jaya Abadi di Desa Makmur Jaya Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser.

Sedangkan kegiatan peremajaan karet seluas 100 hektar berupa bantuan terdiri dari 50 ribu batang benih karet siap tanam, 11 ton pupuk NPK dan 550 liter herbisida. Penyerahan bantuan oleh Disbun Kaltim didampingi sekaligus disaksikan Kepala Desa Makmur Jaya, Suhono.