Kepadatan penumpang mulai terlihat di Bandara SAMS Balikpapan. AP I memperkirakan puncak arus mudik pada Kamis (28/4/2022).
Bisnis

13 Ribu Penumpang Diperkirakan Mudik Pada 28 April 2022

  • IBUKOTAKINI.COM – Angkasa Pura I Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan memperkirakan puncak arus mudik 2022 terjadi pada Kamis (28/4/2022). Untuk menga
Bisnis
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Jumlah penumpang pada puncak mudik melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan diperkirakan mencapai 13 ribu orang.  Untuk melayani para penumpang, Angkasa Pura I Bandara Sepinggan telah menyetujui 9 penerbangan ekstra yang diajukan maskapai. 

General Manajer AP I Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Rika Danakusuma memprediksi 13 ribu penumpang pesawat itu diperkirakan akan terbang pada Kamis (28/4/2022).  Tujuan utama pada puncak mudik dari Balikpapan ialah Jakarta, Surabaya, dan Makassar Sulawesi Selatan.  

“Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihak maskapai juga telah menyiapkan 9 penerbangan ekstra yang puncaknya diprediksi ada 11 hingga 13 ribu penumpang pesawat,” kata Rika Danakusuma, Senin (25/4/2022).

Rika menambahkan, pada triwulan pertama tahun ini ada kenaikan penumpang hingga 22 persen dibandingkan triwulan yang sama tahun sebelumnya. Namun jumlah ini masih sedikit dibandingkan periode bulan April. 

“Periode di bulan april ini masih minus 1 persen. Hanya saja pertumbuhan penumpangnya naik, termasuk penerbangan pesawat yang biasa 90 dalam sehari, sekarang 97 penerbangan pesawat per hari,” imbuhnya. 

“Adapun peningkatan sampai 11 ribu,  awalnya mulai dari 8 ribuan, tapi dalam dua hari ini mulai naik,” ujar Rika Danakusuma menambahkan. 

Terkait jam operasional bandara, kata Rika sejak 20 April hingga 20 Mei mendatang akan mulai dari pukul 06.00 Wita hingga pukul 23.00 Wita, yang mana pihak bandara mau meningkat atau tidak pihaknya harus siap dalam kondisi apapun. 

“Termasuk saling berkoordinasi dengan stakeholder lainnya yang ada di posko,” ujarnya. Bandara Sepinggan memperkirakan puncak arus balik terjadi pada 8 Mei 2022. *