Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty
Kabar Ibu Kota

141.133 Jiwa Masuk Peserta BPJS Kesehatan Kelas 3 Gratis

  • IBUKOTAKINI.COM – Kurang sepekan lagi, Pemerintah Kota Balikpapan akan menerapkan BPJS Kesehatan Kelas 3 gratis. Tercatat jumlah calon peserta BPJS Kesehatan ya
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Kurang sepekan lagi, Pemerintah Kota Balikpapan akan menerapkan BPJS Kesehatan Kelas 3 gratis. Tercatat jumlah calon peserta BPJS Kesehatan yang akan ikut serta sebanyak 141.133. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, validasi dilakukan Dinas Kependudukkan dan Catatan Sipil (disdukcapil) dan telah diserahkan ke BPJS Kesehatan,

“Validasi kita dari capil sudah selesai, capil kirim kembali ke BPJS,” sebutnya, Senin (27/09/2021).

Dari jumlah itu, menurutnya ada beberapa yang status BPJS nya tidak aktif karena ada tunggakan. “Kalau yang aktif sama yang tidak aktif, tidak aktif itu ada tuggakan-tunggakannya,” ujarnya.

Sementara yang belum mendaftar ada sekitar 46 ribu dengan berbagai macam alasan. Sehingga Pemkot berusaha untuk mencari cara agar bisa menjadi peserta.

“Kelas 3 yang nunggak 56.634 tetap harus kita lindungi yang aktif kelas 3 sebanyak 84,721 jiwa,” bebernya.

Bagi warga yang mendaftar, salah satu yang akan gencar dilakukan Pemkot yakni melalui kelurahan dan RT. Karena akan lebih mudah juga mengetahui ekonomi calon peserta.

“Ada keuntungannya kalau lewat RT dan kelurahan dia bisa tahu ekonominya. Kalau lewat aplikasi memang lebih modern, canggih, keuntungannya cepat,” ujarnya.