15 Ribu Peserta Meriahkan World Walking Day 2024 di Balikpapan
Kabar Ibu Kota

15 Ribu Peserta Meriahkan World Walking Day 2024 di Balikpapan

  • Bahwa WWD bukan hanya sekadar kegiatan olahraga, tetapi juga wadah untuk memperkuat solidaritas dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat.
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN – Sebanyak 15 ribu peserta mengikuti jalan kaki sedunia atau World Walking Day (WWD) 2024 yang berlangsung di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Minggu, 6 Oktober 2024. Acara ini juga dirangkai dengan Tafisa ASEAN Forum yang menghadirkan perwakilan dari 11 negara ASEAN. Kegiatan tahun ini dipusatkan di Lapangan Merdeka Kota Balikpapan. 

Sekretaris Provinsi Kalimantan Timur, Sri Wahyuni, didampingi oleh Pjs Wali Kota Balikpapan, Ahmad Muzzakir, secara resmi melepas ribuan peserta. 

Dalam sambutannya, Sri Wahyuni menegaskan pentingnya menjaga kebugaran tubuh dan mengajak masyarakat untuk menjadikan gaya hidup sehat sebagai kebiasaan. 

“Kegiatan ini sudah berlangsung di beberapa daerah di Indonesia, tapi yang spesial, Kalimantan Timur menjadi pusat dari World Walking Day kali ini. Ini adalah kebanggaan sekaligus semangat untuk menjaga kesehatan,” katanya.

BACA JUGA:

Sementara itu, Pjs Wali Kota Balikpapan, Ahmad Muzzakir, menyampaikan bahwa WWD bukan hanya sekadar kegiatan olahraga, tetapi juga wadah untuk memperkuat solidaritas dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat. 

“Langkah kaki kita hari ini menanamkan pesan bahwa olahraga adalah milik semua orang, tanpa memandang usia,” ujar Ahmad Muzzakir. WWD sendiri merupakan peringatan global yang mengajak masyarakat untuk lebih aktif, lebih sehat, dan lebih peduli terhadap lingkungan. 

“Dengan berjalan kaki, kita tidak hanya menjaga kebugaran fisik, tetapi juga merawat lingkungan dan menjalin kebersamaan. Selain itu, kegiatan ini juga diwarnai dengan pameran UMKM yang turut hadir di tengah-tengah masyarakat,” tambahnya.

15 Ribu Peserta Meriahkan World Walking Day 2024 di Balikpapan

Pemerintah Kota Balikpapan menyatakan dukungannya terhadap setiap kegiatan yang mengedepankan kesehatan masyarakat, kesejahteraan, serta ekonomi kerakyatan. 

“Pameran UMKM ini menjadi bukti nyata bahwa kami mendukung pertumbuhan ekonomi melalui usaha kecil dan menengah yang menjadi tulang punggung ekonomi daerah,” jelas Ahmad.

Ia pun mengucapkan terima kasih dan apresiasi pemerintah daerah, kepada masyarakat Kota Balikpapan sekitar karena mampu menghadirkan massa sebanyak kurang lebih 15 ribu orang. 

“Hal ini tentunya karena adanya semangat dan kebersamaan dalam mensukseskan world walking day meskipun dalam cuaca hujan,” ujarnya. Selain itu, pihaknya mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung kelancaran acara, termasuk aparat keamanan yang menjaga ketertiban. 

Tampak hadir Asisten Deputi Olahraga Masyarakat Kemenpora Suyadi Pawiro, Wakapolda Kaltim Brigjen Pol H Muhammad Sabilul Alif, Pjs Wali Kota Balikpapan Ahmad Muzakkir dan jajaran Forkopimda Balikpapan, Ketua Umum KORMI Nasional Hayono Isman, Ketua Harian KORMI Kaltim HM Syirajuddin, Ketua Panitia WWD, TAF dan TLC 2024 Tri Murti Rahayu, serta jajaran KORMI Balikpapan. (*)