18 Dokter Diturunkan dalam Pemeriksaan Kesehatan Pasangan Rahmad-Bagus
Politik

18 Dokter Diturunkan dalam Pemeriksaan Kesehatan Pasangan Rahmad-Bagus

  • Pemeriksaan kesehatan calon walikota dan wakil walikota Rahmad Mas'ud dan Bagus Susetyo telah selesai, baik tahap pemeriksaan jasmani maupun rohani dapat diselesaikan dengan baik.
Politik
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Pemeriksaan kesehatan rohani telah dilaksanakan pasangan Bakal Calon (Bacalon) Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan Tahun 2024 Rahmad Mas'ud dan Bagus Susetyo, pada Senin, 2 September 2024.

Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Kanudjoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan. Ini merupakan salah satu persyaratan menuju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Balikpapan Tahun 2024.

Direktur RSKD Balikpapan, Edi Iskandar mengatakan pemeriksaan kesehatan calon walikota dan wakil walikota Rahmad Mas'ud dan Bagus Susetyo telah selesai, baik tahap pemeriksaan jasmani maupun rohani dapat diselesaikan dengan baik.

"Nanti malam semua hasil pemeriksaan akan dikumpulkan oleh tim medis dan para dokter spesialis sebanyak 18 orang akan berkumpul untuk membahas hasil laboratorium dan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan," jelasnya kepada media, di Ruang Anggrek Hitam RSKD Balikpapan.

Edi mengatakan hasil tersebut akan diserahkan kepada Komisi Pemilhan Umum (KPU) Balikpapan pada hari Selasa, 3 September 2024, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. 

"Semua hasil nanti akan bersifat rahasia dari rumah sakit yang hanya boleh disampaikan ke KPU," terangnya.

Bagi tiga bakal calon pasangan yang ingin mengetahui hasil pemeriksaan dapat bertanya ke KPU yang mempunyai kewenangan. 

BACA JUGA:

"KPU bisa menginformasikan supaya calon kita ini bisa memperbaiki, karena mereka orang sibuk," ucapnya.

Bakal calon Walikota Balikpapan Rahmad Mas'ud mengatakan pemeriksaan jasmani dan rohani yang berlangsung selama dua hari berjalan dengan lancar. 

"Alhamdulillah normal saja tinggal dijaga pola makan," ungkapnya.

Pemeriksaan pertama adalah pemeriksaan jasmani yang berlangsung cukup panjang mulai dari jam 08:00-17:00 wita. Kemudian, dihari kedua melakukan pemeriksaan rohani seperti psikotes termasuk wawancara. Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan ketiga bagi rahmad mas'ud.

Menurutnya, pemeriksaan kali ini ada perbedaan dari pemeriksaan kesehatan yang pernah dilakukan sebelumnya saat dirinya mencalonkan wakil walikota tahun 2024 dan walikota tahun 2019 seperti MRI, psikiater dan beberapa tambahan lainnya. 

"Ini menandakan fasilitas rumah sakit ini cukup lengkap dari sebelumnya,sehingga diperiksa semua baik jasmani maupun rohani," ungkapnya. ***