Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kaltim Siti Farisyah Yana
Kabar Ibu Kota

2.500 Hektare di PPU dan Paser Untuk Food Estate

  • 2.500 Hektare di PPU dan Paser Untuk Food Estate

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur melaporkan pelaksanaan program Food Estate di Kaltim. Dimana Kementerian Pertanian mempercayakan Kaltim untuk mengembangkan kawasan pertanian tanaman pangan berupa food estate. Dan telah menetapkan areal lahannya seluas 2.500 hektar di Kabupaten Panajam Paser Utara (PPU) dan Paser.

Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kaltim Siti Farisyah Yana mengatakan dalam melaksanakan kegiatan tersebut terkendala untuk merealisasikan lahan tersebut. Termasuk untuk penambahan lahan lainnya serta terkendala dengan Bendungan Telake yang belum selesai, walaupun progres penyelesaiannya tahun 2023.

"Tapi itu terlalu lama, kami menginginkan Bendungan Telake bisa diselesaikan secepatnya paling tidak tahun 2022, sehingga bisa mendukung pelaksanaan program food estate yang telah ditetapkan," kata Siti Farisyah Yana saat melaporkan program food estate kepada anggota Komisi VII DPR RI Dapil Kaltim Prof Dr H Awang Faoek Ishak, saat reses yang digelar dengan virtual, kemarin (15/2/2021).

Selain Kabupaten Paser dan Penajam Paser Utara, disebutkan Yana, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Berau dan Kutai Barat serta Mahakam Ulu memiliki potensi besar untuk pengembangan tanaman pangan.

Yana menyampaikan terkait petugas lapangan yang jumlahnya sangat terbatas bila dibandingkan dengan tugas mereka di lapangan, belum lagi umur (usia) para petugas sudah memasuki pensiun.

"Untuk saat ini, para petugas dibantu para tenaga honor, walaupun saat ini meraka belum diangkat menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (P3K). Dan selama ini mereka-mereka yang di angkat dari umum," tandasnya.

Terkait dengan laporan dari Kepala Dinas PTH Kaltim, Awang Faroek Ishak, siap menampung aspirasi dari Kaltim, walaupun bukan bidangnya. Namun pada saat rapat dengan Kementerian terkait, aspirasi akan disampaikan.

"Kami wakil rakyat Kaltim siap menampung semua aspirasi yang disampaikan, Insyaa Allah bila ada rapat dengan kementerian terkait aspirasi dari Kaltim akan disampaikan," ujar Awang Faroek Ishak.