24 Finalis Beradu di Grand Final Pemilihan Putra Putri Kebudayaan Balikpapan 2024
Balikpapan

24 Finalis Beradu di Grand Final Pemilihan Putra Putri Kebudayaan Balikpapan 2024

  • Peran generasi muda Kota Balikpapan untuk terlibat dalam berbagai kegiatan pelestarian kebudayaan daerah, termasuk situs-situs cagar budaya, bahasa, kesenian daerah, kerajinan tangan, kuliner, dan berbagai kearifan lokal.
Balikpapan
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Sebanyak 24 finalis terpilih dari enam kecamatan di Kota Balikpapan mengikuti Grand Final Pemilihan Putra Putri Kebudayaan Kota Balikpapan Tahun 2024 yang diadakan di Gedung Kesenian Balikpapan pada Sabtu malam 18 Mei 2024. 

Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan dengan tujuan untuk membentengi generasi muda, khususnya di Balikpapan, tentang budaya.

Kepala Disdikbud Kota Balikpapan, Irfan Taufik, menyampaikan bahwa para pemenang nantinya akan bertugas untuk memberikan pembelajaran tentang kebudayaan di Indonesia, terutama di Balikpapan, kepada para pelajar di sekolah-sekolah.

"Ini akan berjenjang ditingkat Kota, Provinsi dan Pusat. Ini memberikan kesempatan kepada pemuda kita untuk berkarya, berkolaborasi menciptakan sesuatu yang bisa memudahkan generasi-generasi kita memahami kebudayaan yang ada," jelas Irfan kepada ibukotakini.com.

Ia pun berpesan kepada para finalis yang terpilih agar dapat terus berkarya dalam membentengi anak-anak Kota Balikpapan di era globalisasi, terutama dengan Balikpapan yang menjadi beranda Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal ini dimaksudkan agar kebudayaan, khususnya Kota Balikpapan, tetap terjaga dan menjadi daya tarik wisata kota.

BACA JUGA:

Sementara itu, mewakili Wali Kota Balikpapan, H. Rahmad Mas'ud, Staf Ahli Bidang Sosial, Kesejahteraan dan Pengembangan SDM Setda Kota Balikpapan, Adamin Siregar, mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini. 

Ia menekankan pentingnya pelestarian kebudayaan, khususnya kepada generasi muda, karena merupakan identitas yang menunjukkan ciri khas daerah.

"Melalui ajang ini dapat menjadi wahana membangkitkan rasa cinta kaum generasi muda terhadap kebudayaan daerah, yang tetap harus dipertahankan ditengah-tengah semakin derasnya pengaruh kebudayaan asing yang masuk," terangnya.

Ia pun berharap peran generasi muda Kota Balikpapan untuk terlibat dalam berbagai kegiatan pelestarian kebudayaan daerah, termasuk situs-situs cagar budaya, bahasa, kesenian daerah, kerajinan tangan, kuliner, dan berbagai kearifan lokal. 

"Mari kenali, cintai, pelajari, dokumentasikan dengan baik dan lestarikan kebudayaan kita," ajaknya.

Dari 24 finalis tersebut, Yudha Ananda dan Naila Rizky terpilih sebagai Putra Putri Kebudayaan Kota Balikpapan 2024. Pemenang ini akan menjadi perwakilan Kota Balikpapan dalam menjaga dan mensosialisasikan kebudayaan yang ada di Kota Balikpapan, sehingga budaya ini terus berkembang dan dikenal tidak hanya oleh warga Kota Balikpapan. ***