Wakil Gubernur Hadi Mulyadi meninjau pelaksanaan vaksinasi yang digelar Polda Kaltim di BSCC Dome Balikpapan pada Sabtu (24/7/2021)
Kabar Ibu Kota

25 Persen Warga Kaltim Telah Divaksin

  • IBUKOTAKINI.COM – Jumlah warga Kalimantan Timur yang telah divaksinasi baru mencapai 25 persen dari total penduduk. Dengan begitu masih jauh dari standar menuju
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Jumlah warga Kalimantan Timur yang telah divaksinasi baru mencapai 25 persen dari total penduduk. Dengan begitu masih jauh dari standar menuju Herd Immunity atau kekebalan kelompok. 

Sehingga, Pemerintah Provinsi serta seluruh pemerintah kabupaten/ kota, juga Kodam VI Mulawarman dan Polda Kaltim terus berupaya menggencarkan vaksinasi bagi warga Kaltim. Hanya saja vaksin yang diterima Kaltim masih terbatas.

"Tiap stok vaksin yang didatangkan dari pusat selalu kita habiskan langsung," ungkap Wakil Gubernur Hadi Mulyadi saat peninjauan pelaksanaan vaksinasi di BSSC, Balikpapan, Sabtu (24/7/2021).

Menurut Hadi, apabila dihitung dari jumlah penduduk Kaltim mencapai 3,4 juta jiwa. Sementara vaksinasi baru mencapai 25 persen dari total jumlah warga Kaltim. Dengan begitu masih jauh dari standar menuju herd imunity atau kekebalan kelompok. 

"Kalau standar WHO, paling tidak harus 70 persen warga sudah divaksin, untuk menuju kekebalan kelompok. Tapi namanya usaha tetap kita lakukan sambil menunggu kiriman vaksin lagi dari pusat,” jelas Wagub.

Sebelumnya, Gubernur Isran Noor telah menyampaikan ke pusat agar Kaltim diprioritaskan untuk vaksin. Pasalnya menurut WHO, ada 6 provinsi yang dikhawatirkan kasusnya makin tinggi, salah satunya Kaltim. 

“Vaksinasi tentu akan lebih diprioritaskan mengarah ke daerah yang menerapkan PPKM darurat seperti Balikpapan, Bontang dan Berau,” sebutnya. 

Pemerintah Provinsi juga sudah berupaya membantu mereka yang terdampak dari PPKM darurat mulai dari pemberian bantuan sosial tunai bagi mereka yang masuk dalam program keluarga harapan. 

“Termasuk pak Gubernur akan memberi santunan kepada mereka yang meninggal akibat terpapar Covid-19 senilai Rp 10 juta perorang yang diambil dari APBD Provinsi,” bebernya. 

Untuk informasi, hari ini (24/7/2021) sekira 5.100 dosis disiapkan bagi masyarakat umum, pelayanan publik dan mahasiswa di BSSC Dome. 

Dalam program serbuan vaksinasi nasional ini, Wagub Kaltim Hadi Mulyadi bersama Kapolda, Pangdam VI, Wakapolda, Wali Kota Balikpapan, Dandim 0905, Danlanal, Danlanud, Kapolresta, Satgas Covid Kota Balikpapan, serta Wakil Ketua DPRD Balikpapan.