29 Petani dan Nelayan Asal Balikpapan Akan Berpartisipasi pada Penas KTNA ke XVI Tahun 2023 di Padang
Kabar Ibu Kota

29 Petani dan Nelayan Asal Balikpapan Akan Berpartisipasi pada Penas KTNA ke XVI Tahun 2023 di Padang

  • IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah Kota Balikpapan akan mengikutsertakan sebanyak 29 petani dan nelayan untuk berpartisipasi pada Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani
Kabar Ibu Kota
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN,IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah Kota Balikpapan akan mengikutsertakan sebanyak 29 petani dan nelayan untuk berpartisipasi pada Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI tahun 2023 di Kota Padang dalam waktu dekat.

Bersamaan dengan peringatan Upacara Hari Kelahiran Pancasila yang dilaksanakan di Halaman Balai Kota Balikpapan pada Kamis (1/6/2023), petani dan nelayan ini dilepas langsung oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud.

Diketahui, kegiatan Penas KTNA ke XVI tahun 2023 ini akan dilaksanakan mulai tanggal 10 hingga 15 Juni 2023 mendatang.

"Itu adalah petani dan nelayan yang sudah dinyatakan menang di dalam lomba-lomba di tingkat Provinsi Kaltim sebelumnya," ujar Sri Wahjuningsih, Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan kepada awak media.

Nantinya, para petani dan nelayan tersebut akan turut serta berpartisipasi pada lomba-lomba yang dilaksanakan di tingkat nasional. Kemudian, rencananya juga akan ada agenda berdiskusi dengan Presiden RI Joko Widodo.

"Jumlah petani dan nelayan itu tadi ada 29 orang, Balikpapan semua. Untuk beberapa kategori lainnya, kabupaten dan kota lain juga ikut mewakili Kaltim," terangnya.

BACA JUGA:

Wanita yang akrab disapa Yuyun ini berharap, petani dan nelayan asal Balikpapan ini dapat mengharumkan nama Kota Beriman dan juga Kalimantan Timur di kancah nasional.

"Target kami, mereka bisa menang di tingkat nasional. Unggulannya untuk produk kita, contohnya pepaya mini Balikpapan, jambu kristal, kemudian ada perwakilan satu-satunya petani yang mengelola sawah padi dari Teritip," jelasnya.

Sebagai informasi, Kota Balikpapan juga terus berpartisipasi pada kesempatan Penas KTNA yang dilaksanakan sebelumnya. "Penas ini diadakan tiap 4 tahun sekali, Balikpapan terus berpartisipasi. Bersama dengan kabupaten/kota lain, tanggal 8 Juni nanti akan dilepas oleh Gubernur Kaltim," pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud mengungkapkan bahwa pemerintah berperan aktif dalam mendukung Penas tersebut. 

“Bukan hanya petani dan nelayan tetapi yang lainnya sepanjang itu bermanfaat untuk masyarakat, pemerintah pasti akan mendukung dan mensupport,” ungkapnya. ###