Jalan Tol Balikpapan - Samarinda (Tol Balsam)
Kabar Ibu Kota

4 Fakta Menarik Jalan Tol Pertama di Kalimantan

  • IBUKOTAKINI.COM - Jalan Tol Balikpapan - Samarinda merupakan jalan tol pertama yang di bangun di Kalimantan. Nantinya jalan tol ini yang juga menghubungkan ke I
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM - Jalan Tol Balikpapan - Samarinda merupakan jalan tol pertama yang di bangun di Kalimantan. Nantinya jalan tol ini yang juga menghubungkan ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dengan menggunakan jalan tol ini, masyarakat yang dari Balikpapan menuju Samarinda atau sebaliknya kini hanya membutuhkan waktu tempuh satu jam lebih 15 menit lebih cepat apabila melalui akses non jalan tol.

Berikut, lima fakta menarik Jalan Tol Kalimantan dilansir dari akun resmi instagram PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR), Jumat, 24 Juni 2022.  

1. Diresmikan Langsung oleh Presiden Jokowi

Jalan tol ini sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebanyak dua kali. Peresmian pertama dilakukan pada 17 Desember 2019 untuk seksi 2,3, dan 4 dengan panjang 64,87 kilometer (km).

Kemudian, peremian dilakukan pada 24 Agustus 2021 untuk seksi Balikpapan - Samboja yang memiliki panjang 32,4 km.

2. Panjang Jalan 97,27 Km

Total panjang jalan tol pertama di Kalimantan ini adalah 97,27 km yang terdiri dari lima seksi.

Seksi 1 Ruas Karang Joang - Samboja sepanjang 21,66 km, seksi 2 Ruas Samboja - Muara Jawa dengan panjang 30,98 km. Kemudian seksi 3 Ruas Muara Jawa - Palaran sepanjang 17,30 km.

Seksi 4 Palaran - Simpang Susun (SS) Mahkota II sepanjang 16,59 km, dan seksi 5 Ruas Manggar - Karang Joang dengan panjang 10,74 km.

3. Memiliki Terowongan Khusus Hewan

Jalan Tol Balikpapan - Samarinda ini memiliki terowongan khusus yang khusus dilintasi oleh hewan. Terowongan ini terletak pada seksi 2 Samboja - Muara Jasa KM 48+200 tepanya di Kawasan Tahura Bukit Soeharto.

4. Melewati Kawasan Tahura Bukit Soeharto

Kawasan Tahura Bukit Soeharto merupakan sebuah taman hutan raya yang terletak di Kabupaten Kutai Kartenegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Selain itu, Jalan Tol Balikpapan - Samarinda juga melewati Hutan Lindung Sungai Manggar. 

Karena melewati kawasan hutan lindung, Jalan tol ini dibangun terowongan khusus lintasan hewan.