4 Orang Calon Jemaah Haji Tak Bisa Dihubungi, Kemenag Balikpapan Akan Tunggu Sampai Hari Ini
Kabar Ibu Kota

4 Orang Calon Jemaah Haji Tak Bisa Dihubungi, Kemenag Balikpapan Akan Tunggu Sampai Hari Ini

  • IBUKOTAKINI.COM ma-nama calon jemaah haji asal Kota Balikpapan telah diumumkan oleh Kementerian Agama Kota Balikpapan. Namun, sebanyak empat orang calon je
Kabar Ibu Kota
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Nama-nama calon jemaah haji asal Kota Balikpapan telah diumumkan oleh Kementerian Agama Kota Balikpapan. Namun, sebanyak empat orang calon jemaah belum bisa dihubungi dan mengkonfirmasi untuk pelunasan pembayaran.

Sebelumnya, pihak Kemenag juga telah mengumumkan nama-nama tersebut melalui akun media sosialnya untuk segera melakukan konfirmasi.

"Kemarin ada tujuh orang, sudah datang 3 orang lagi tadi. Sisa 4 orang yang harus mengkonfirmasi," ujar Kepala Kemenag Balikpapan, Johan Marpaung, Kamis (4/5/2023).

Menurutnya, calon jemaah haji yang tidak bisa dihubungi ini dikarenakan alamat dan kontak yang diserahkan pada saat mendaftar telah berganti, baik tempat tinggal dan nomor teleponnya.

BACA JUGA:

“Kita datangi (alamat pendaftar), ternyata sudah tumbuh pohon-pohon liar. Ada yang dijual (rumahnya), pindah alamat tidak mengkonfirmasi karena memang masa tunggu yang cukup lama,” jelasnya.

Hal ini tidak dapat dipantau dan dijangkau oleh pihaknya. Sehingga, pengumuman pun dilakukan melalui media sosial dan juga media mainstream.

“Sudah menunggu selama itu kan sayang kalau sampai tidak berangkat,” katanya.

Adapun, waktu konfirmasi dan pelunasan biaya perjalanan haji dibatasi sampai Jumat (5/5/2023) besok pukul 16.00 Wita. Mengingat, pelunasan juga harus melalui pihak perbankan hingga tenggat waktu tersebut.

Apabila calon jemaah haji tidak mengkonfirmasi sampai batas waktu yang telah diberikan. Kemenag Balikpapan akan menaikkan daftar tunggu cadangan yang juga telah disiapkan.

“Kami tetap berusaha mencari melalui Rukun Tetangga (RT), kelurahan dan lainnya,” pungkasnya.

Berkaitan dengan persiapan, Kepala Seksi (Kasi) PHU (Pelayanan Haji dan Umrah) Kemenag Balikpapan Suharto Baijuri menambahkan, pihaknya telah melakukan persiapan yang cukup matang. Seperti halnya, petugas pendamping yang dibutuhkan.

“Sudah kami persiapkan dengan matang, tinggal pelaksanaan pada hari H (keberangkatan). Petugas terdiri dari petugas kloter, petugas Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), petugas kesehatan/dokter, pembimbing haji, perawat 2 orang. Berjumlah 5 hingga 6 orang dalam satu penerbangan,” terang Suharto.

Namun demikian, dari jumlah total 531 calon jemaah haji asal Kota Balikpapan, ia belum dapat memastikan pembagian kloter yang akan dilaksanakan. Sebab, calon jemaah haji asal Balikpapan akan bergabung dengan calon jemaah asal daerah lainnya.

“Belum tahu tentang pembagian kloter. Untuk pemberangkatan juga masih belum disampaikan dari pusat,” tandasnya. ###