45 Anggota DPRD Balikpapan Dilantik, 25 Terpilih Kembali
Balikpapan

45 Anggota DPRD Balikpapan Dilantik, 25 Terpilih Kembali

  • 45 anggota DPRD untuk periode 2024-2029 dilantik oleh Wakil Kepala Pengadilan Negeri Kota Balikpapan, R. Aji Suryo, dan dipimpin oleh Ketua DPRD Abdulloh yang didampingi tiga wakilnya dalam rapat paripurna istimewa yang digelar di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome pada Senin, 26 Agustus 2024.
Balikpapan
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN - Proses pelantikan 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan untuk periode 2024-2029 berlangsung lancar meski terdapat satu anggota terpilih sempat pingsan. 45 anggota DPRD untuk periode 2024-2029 dilantik oleh Wakil Kepala Pengadilan Negeri Kota Balikpapan, R. Aji Suryo, dan dipimpin oleh Ketua DPRD Abdulloh yang didampingi tiga wakilnya dalam rapat paripurna istimewa yang digelar di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome pada Senin, 26 Agustus 2024.

Pelantikan ini merupakan hasil dari Pemilihan Umum (Pemilu) yang dilaksanakan pada Februari lalu. Dari total 45 anggota, 25 di antaranya merupakan incumbent yang kembali terpilih, sementara 20 lainnya adalah anggota baru. Selain itu, pelantikan kali ini juga menunjukkan peningkatan keterwakilan perempuan dengan terpilihnya 12 wanita sebagai anggota dewan.

Setelah pelantikan, Alwi Al-Qodri resmi menjabat sebagai pimpinan DPRD sementara, menggantikan Abdulloh. Dalam pidato pertamanya sebagai pimpinan sementara, Alwi mengungkapkan rasa bahagianya serta harapan untuk masa depan yang lebih baik. 

"Saya sangat berbahagia setelah kemarin, pada tanggal 2 Februari, pencoblosan ini adalah puncak, dan hari ini adalah pelantikan. Alhamdulillah, kami sangat berbahagia karena tidak mudah untuk bisa terpilih lagi," ungkapnya.

BACA JUGA:

Alwi juga menyampaikan komitmennya untuk memperbaiki kekurangan dari periode sebelumnya. "Tentunya yang kemarin kurang baik akan kami perbaiki, dan yang sudah baik akan kami pertahankan. Jika perlu, kami akan tingkatkan," tegasnya.

Ke depan, Alwi berencana untuk segera membentuk fraksi-fraksi dan mengadakan rapat gabungan. 

"Besok kami akan mengadakan rapat gabungan untuk memanggil teman-teman DPRD terpilih. Insya Allah, saya akan memimpin rapat tersebut untuk membentuk fraksi-fraksi dan ketua-ketua fraksi," tambahnya.

Alwi juga menekankan pentingnya kolaborasi dengan media untuk menciptakan sinergi yang lebih baik antara DPRD dan masyarakat. Mengenai program kerja DPRD ke depan, ia menyebutkan bahwa prioritasnya adalah pembentukan komisi-komisi satu, dua, tiga, dan empat dalam waktu satu bulan. ***