5 Pelajar SMP Ikuti Lomba Penyuluh Kanker Anak
Balikpapan

5 Pelajar SMP Ikuti Lomba Penyuluh Kanker Anak

  • Lomba ini menjadi yang kedua kalinya dilaksanakan oleh YKI Cabang Balikpapan. Di mana kegiatan dilaksanakan setiap satu tahun sekali.
Balikpapan
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN – Sedikitnya 5 siswa SMP maupun MTS mengikuti lomba Penyuluh Kanker Anak yang digelar Yayasan Kanker Anak (YKI) Cabang Balikpapan. Lomba penyuluh kanker anak ini bagian dari rangkaian Jambore UKS/M yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, di Gedung Klandasan Balikpapan, pada Selasa 8 Oktober 2024. 

Lomba ini menjadi yang kedua kalinya dilaksanakan oleh YKI Cabang Balikpapan. Di mana kegiatan dilaksanakan setiap satu tahun sekali. 

Wakil Ketua I YKI Cabang Balikpapan, Dyah Muryani, mengungkapkan, angka kasus penyakit tidak menular, terutama kanker, semakin meningkat di kalangan masyarakat, termasuk di usia muda. 

"Kami selalu mengadakan kegiatan yang sifatnya pencegahan, terutama untuk kanker. Oleh karena itu, kami merasa penting untuk membekali anak-anak dengan pengetahuan mengenai pencegahan penyakit tidak menular," ungkapnya.

BACA JUGA:

Ia menyebut bahwa YKI Balikpapan telah lama menjadi mitra Pemerintah Kota dalam berbagai program kesehatan. Ikut serta ini bagian dari upaya melibatkan para pelajar dalam menciptakan kesadaran sejak dini mengenai pentingnya pencegahan penyakit.

5 Pelajar SMP Ikuti Lomba Penyuluh Kanker Anak 

"Kami sangat berterima kasih kepada pihak sekolah dan para guru yang telah memberikan waktu untuk penyuluh ini. Dengan adanya penyuluhan ini, kami berharap para pelajar dapat mengenali tanda-tanda awal penyakit kanker dan menerapkan pola hidup sehat," tambahnya.

5 pelajar yang mengikuti ini perwakilan dari masing-masing kecamatan. Di antara SMP Negeri 1, SMP KPS, MTS Negeri 1, SMP BIS, SMP 9. 

Terlihat para pelajar begitu antusias dalam mempresentasikan materi penyuluhnya dengan alat peraga. Para pelajar datang dengan pendamping guru. 

Adapun juri lomba penyuluh anak dari pengurus YKI dan akademisi. Kegiatan lomba penyuluh kanker anak juga dihadiri para pengurus YKI Cabang Balikpapan. (*)