Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud
Kabar Ibu Kota

786 Sambungan Rumah Terpasang dalam Program MBR

  • IBUKOTAKINI.COM – Salah satu program Pemerintah Kota Balikpapan memberikan sambungan air bersih gratis bagi masyarakat tak mampu atau memberikan kemudahan bagi
Kabar Ibu Kota
Admin

Admin

Author

IBUKOTAKINI.COM – Salah satu program Pemerintah Kota Balikpapan memberikan sambungan air bersih gratis bagi masyarakat tak mampu atau memberikan kemudahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). 

Kali ini, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud meninjau langsung sambungan air bersih kepada warga di Manggar, pada Sabtu (7/8/2021).  

"Tugas kita memang melayani masyarakat yang memang air bersih menjadi kebutuhan pokok bagi warga," kata Rahmad Mas'ud dihadapan awak media disela-sela peresmian program MBR air bersih di wilayah kelurahan Manggar, Sabtu (7/8/2021).

Menurut Rahmad, Balikpapan memang mengharapkan sekali bahan baku air bersih yang harus betul-betul dicari, sehingga bisa 100 warga terlayani air bersih. 

"Dari 1700 rencana pemasangan, sudah terealisasi 786 sambungan, dan diharapkan pada November mendatang sudah tuntas semua untuk pemasangan sambungan air bersihnya," kata Rahmad. 

Bahkan pada tahun 2022, Pemkot menargetkan ada 1.500 sambungan baru dan ini komitmen pemkot dan jajaran PDAM juga harus berpikir ulang bagaimana penyedian bahan baku air bersihnya. 

"Tentu kita berharap pengerjaan embung aji raden di Lamaru bisa cepat tuntas, termasuk kerja sama dengan PPU untuk penyediaan air berdih atau memanfaatkan air tanah yang saat ini masih terus dicari," jelas Rahmad. 

Sementara itu, Dirut PDAM Balikpapan, Haidir Effendi mengatakan, jika kegiatan program MBR kaitkan dengan implementasi dari pada visi misi walikota yang diberi gratis pemasangannya untuk masyarakat yang benar-benar membutuhkan layanan air minum dengan kategori tidak mampu.

"Sebelumnya program MBR pada 2021 total yang kita usulkan untuk kota Balikpapan 1200 KK di 11 kelurahan," aku Haidir. 

Dimana untuk di wilayah kecamatan Balikpapan Timur ini tersebat di tiga kelurahan yakni Lamaru, Manggar, dan Manggar baru, untuk kecamatan Balikpapan Selatan ada di Sepinggan, kecamatan Balikpapan Utara di Karang Joang, Graha Indah dan Batu Ampar, Gunung Samarinda, sisanya di Balikpapan Tengah kelurahan Sumber Rejo dan Balikpapan Kota di Telagasari dan Klandasan Ilir. 

"Realisasi pemasangan hingga hari ini 786 sambungan rumah atau 50 persen dari target yang kita rencanakan pada 2021," tutupnya.