Ajak Generasi Muda Balikpapan Wujudkan Program Sosial, KPI Gelar Kompetisi Duta Kilang RU V
Kabar Ibu Kota

Ajak Generasi Muda Balikpapan Wujudkan Program Sosial, KPI Gelar Kompetisi Duta Kilang RU V

  • IBUKOTAKINI.COM - Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan tengah membuka kesempatan bagi seluruh mahasiswa B
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan tengah membuka kesempatan bagi seluruh mahasiswa Balikpapan mewujudkan mimpinya untuk melaksanakan proyek sosial. Kesempatan ini diperuntukkan untuk mahasiswa dan mahasiswi yang kuliah di Kota Balikpapan. 

"Program Duta Kilang RU V ini adalah program PT KPI Unit Balikpapan untuk mengenalkan proses bisnis dan kontribusi Pertamina. Selain itu, mereka yang terpilih menjadi Duta Kilang RU V akan berkesempatan untuk melaksanakan proyek sosial dengan sejumlah dana yang diberikan perusahaan," kata Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI RU V Balikpapan Ely Chandra Peranginangin, Sabtu (14/10/2023).

Chandra menjelaskan bahwa selain untuk semakin mengenalkan PT KPI Unit Balikpapan kepada para mahasiswa mahasiswi, program ini bertujuan untuk mengajak semakin banyak generasi muda yang berkontribusi dalam kepedulian lingkungan sosial masyarakat Balikpapan.

Pendaftaran peserta dibuka dari tanggal 11 Oktober yang lalu sampai dengan tanggal 31 Oktober 2023. "Pendaftaran akan otomatis tertutup apabila pendaftar telah mencapai 200 orang. Pengumuman peserta terpilih akan dilakukan tanggal 2 November. Kemudian kami akan mengundang 200 peserta terpilih pada acara Edukasi dan Pemilihan Finalis di tanggal 4 November,” ujar Chandra.

BACA JUGA:

Terdapat syarat pendaftaran dan ketentuan umum untuk mengikuti rangkaian kegiatan Duta Kilang RU V.

Syarat pendaftaran, Warga Negara Indonesia (WNI), berusia 18 s/d 25 tahun, berdomisili di Balikpapan serta sedang menempuh Pendidikan Tinggi D3/D4/S1/Sederajat di Kota Balikpapan.

Ketentuan umum lainya, peserta wajib mengisi formulir, sanggup mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. "Kompetisi ini adalah kompetisi individu, bukan kelompok," tambah Chandra.

Calon peserta bisa mendaftarkan diri melalui link pendaftaran ini https://bit.ly/DutaKilangRUV.

“Duta Kilang RU V juga diharapkan bisa memberikan kontribusi dan dedikasi nyata untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat Balikpapan. Tentunya kehadiran Duta Kilang RU V diharapkan mampu merealisasikan pemikiran anak muda untuk mengatasi masalah sosial melalui project sosial mereka,” kata Chandra.

Melalui upaya ini, menjadikan implementasi PT KPI RU V Balikpapan sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG's) dan juga sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di lini bisnis operasi Pertamina.

“Tujuan perusahaan mencari sosok Duta Kilang RU V yaitu membuka ide dan program baru dalam memberikan bantuan ataupun kegiatan sosial dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Balikpapan,” jelas Chandra.

Nantinya, pemenang Duta Kilang RU V Balikpapan 2023 akan diberikan tugas untuk menjalankan project sosial mereka. Para pemenang akan mendapatkan uang untuk pribadi dan untuk mengimplementasikan proyek sosial mereka langsung ke masyarakat Balikpapan.

“Bagi para pemenang 1,2 dan 3 akan mendapatkan dua jenis hadiah. Hadiah ini berupa hadiah individu untuk masing-masing pemenang dan hadiah berupa dana untuk merealisasikan proyek sosial mereka,” tambah Chandra.

Juara 1 akan mendapatkan hadiah uang sebesar Rp. 10 juta, juara 2 sebesar Rp. 8 juta dan juara 3 sebesar Rp. 6 juta. Dari hadiah tersebut, setiap pemenang harus menyalurkan setengahnya hadiahnya dalam bentuk proyek sosial.

Para peserta akan dibekali pengetahuan dengan narasumber yang berkompeten langsung di bidangnya. Para peserta yang mengikuti ajang Duta Kilang RU V mendapatkan keuntungan social networking dengan para ahli. Bagi peserta yang beruntung dapat terlibat langsung dalam event-event yang diselenggarakan oleh RU V Balikpapan sebagai perwakilan Kilang RU V.

“Duta Kilang RU V dapat menjadi pelopor bagi masyarakat betapa pentingnya bersosial, bergotong royong membangun Balikpapan sesuai dengan tujuannya sebagai kota Bersih, Indah, Aman dan Nyaman,” tutup Chandra. (*)