Kaleidoskop 2022, 1.185 Desa Se-Nusantara Dilistriki PLN
Kabar Ibu Kota

Akhir Tahun Ini 32 Desa di Kaltim Teraliri Listrik

  • IBUKOTAKINI.COM - Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor menargetkan 32 desa tersambung listrik PLN pada akhir tahun ini.
Kabar Ibu Kota
Bunga Citra

Bunga Citra

Author

SAMARINDA, IBUKOTAKINI.COM - Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor menargetkan 32 desa tersambung listrik PLN pada akhir tahun ini. Percepatan penyambungan listrik merupakan salah satu komitmen pemerintah untuk menyediakan pelayanan dasar masyarakat. 

“Untuk listrik menjadi perhatian serius Pemerintah. Ditargetkan, akhir tahun ini Pemerintah Provinsi Kaltim bekerjasama PLN menuntaskan 32 desa tersambung listrik,” kata Isran Noor dalam pernyataan resmi yang dirilis di Samarinda, Minggu, 17 September 2023.

Menurut catatan pemerintah Kalimantan Timur, pada 2022 dari jumlah 1.038 desa dan kelurahan yang belum berlistrik sebanyak 187 desa/kelurahan. Sementara kawasan yang sudah tersambung listrik PLN maupun PLTS Komunal sebanyak 851 desa/kelurahan.

"Kalau kelurahan sudah semua tersambung listrik. Mulai yang dibangun PLN maupun Pemprov Kaltim," ucap Gubernur Kaltim Isran Noor.

BACA JUGA:


Bagi Gubernur Isran, Pemprov Kaltim sangat komitmen memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat, namun tentu tidak langsung sekaligus tetapi bertahap. Karena itu, saat ini masih ada desa yang belum teraliri dan tersambung listrik.

Untuk mendukung penyelesaiannya tentu bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah, tetapi semua pihak, tidak terkecuali dukungan perusahaan.

"Terima kasih PLN sudah membantu Pemprov Kaltim. Semoga, bisa dituntaskan sambungan desa yang belum teraliri listrik," imbuh gubernur dilansir Biro Administrasi Pimpinan Provinsi Kaltim (Biro Adpimprov).

Kepala Dinas ESDM Kaltim H Munawwar menjelaskan, ada 35 desa belum masuk PLN. Tapi, sudah teraliri PLTS pada 2022 lalu. Tahun 2023 sebutnya, sebanyak tujuh desa yang berlistrik 24 jam sebagai wujud komitmen Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi.

"Plus rencana sambungan PLN yang masuk tahun ini kira-kira 25 desa," sebutnya. Sehingga tahun ini, lanjutnya, sudah 32 desa tahun ini yang akan teraliri listrik.

"Semua itu dukungan perusahaan yang berkolaborasi dengan Pemprov Kaltim," jelasnya. Sesuai informasi PLN menargetkan tahun ini ada 50 desa tersambung. "Melihat perkembangannya, kita optimis terealisasi sekitar 25 desa," bebernya. ***