Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Bimo Eyanto
Kabar Ibu Kota

Akselerasi Transaksi Non Tunai, BI Gelar Festival Non Tunai Balikpapan

  • Akselerasi Transaksi Non Tunai 

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM - Untuk mengedukasi dan sosialisasi ke berbagai kalangan tentang sistem pembayaran non tunai, Bank Indonesia Balikpapan menggelar Festival Non Tunai Balikpapan (FENTABI) yang akan dimulai pada 12 November 2020 hingga 6 Desember 2020. 

FENTABI merupakan program edukasi dan literasi tentang sistem pembayaran terutama elektronifikasi transaksi pemerintah daerah dan penggunaan instrumen pembayaran non tunai. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Bimo Epyanto mengatakan, tujuan lainnya mendorong penggunaan transaksi non tunai terutama di Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara, dan Kabupaten Paser, sekaligus membangun kesadaran masyarakat mengenai fitur-fitur keamanan pada transaksi non tunai.

Rangkaian kegiatan FENTABI terdiri atas webinar edukasi, virtual coaching clinic, lomba edukatif, serta virtual fun run and ride non tunai, " katanya, Kamis (12/11/2020). 

Kegiatan diawali dengan webinar Percepatan Implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemda yang akan digelar pada 12 November 2020, sekaligus launching website festivalnontunaibpn.com untuk registrasi perlombaan pada FENTABI. 

Peserta kegiatan ini diperkirakan mencapai 1.500 orang yang meliputi berbagai kalangan yaitu Pemerintah Daerah, Perbankan, asosiasi/organisasi, komunitas olahraga, akademisi, maupun masyarakat umum.

Lomba yang akan digelar di FENTABI adalah virtual fun run, cycling, dan podcast competition. Seluruh lomba dibuka secara luas dan gratis bagi masyarakat umum di Kota Balikpapan. 

Dalam kegiatan ini, peserta didorong untuk berkompetisi secara sehat sembari memanfaatkan pembayaran non tunai sehingga dapat menciptakan user experience di masyarakat Balikpapan. Sementara dalam webinar edukasi akan mengangkat berbagai tema seperti elektronifikasi transaksi pemerintah daerah, cyber security, serta transaksi non tunai di tengah pandemi COVID-19.