Andi Harun menjadi pembicara World Water Forum 2024.
Kabar Ibu Kota

Andi Harun Paparkan Upaya Pengelolaan Air Bersih di World Water Forum 2024

  • Di hadapan perwakilan dari berbagai negara, Andi Harun memaparkan materi terkait dengan tema pelayanan air bersih di Samarinda.
Kabar Ibu Kota
Hadi Zairin

Hadi Zairin

Author

IBUKOTAKINI.COM - Wali Kota Samarinda, Andi Harun, menjadi salah satu pembicara kunci dalam Diskusi Panel Bersama 30 Negara pada Local And Governments Day 10th World Water Forum 2024 di Nusa Dua, Bali, Rabu (22/05/2024).

Di hadapan perwakilan dari berbagai negara, Andi Harun memaparkan materi terkait dengan tema "Best Practice Kota Samarinda dalam menjaga sumber air dan meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat". 

Ia menyampaikan bahwa pengelolaan air di Kota Samarinda merupakan upaya kompleks yang membutuhkan kerjasama multi-pihak, termasuk pemerintah, organisasi masyarakat sipil, sektor swasta, dan masyarakat lokal.

"Kunci utama dalam pengelolaan air adalah kolaborasi dan komitmen bersama. Ketika semua pihak bersatu untuk mencapai tujuan yang sama, maka tidak ada halangan yang tidak bisa diatasi," ujar Andi Harun berbicara dalam bahasa Inggris.

BACA JUGA:

Lebih lanjut, Andi Harun menjelaskan bahwa Pemkot Samarinda telah menerapkan berbagai strategi untuk menjaga sumber air dan meningkatkan pelayanan air bersih, antara lain:

  • Melakukan rehabilitasi dan pembangunan infrastruktur air, seperti bendungan, embung, dan jaringan pipa distribusi.
  • Meningkatkan edukasi dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kelestarian sumber air.
  • Menerapkan teknologi pengolahan air yang ramah lingkungan.
  • Memperkuat regulasi dan penegakan hukum terkait pengelolaan air.

Upaya-upaya tersebut telah menunjukkan hasil yang positif. Saat ini, akses air bersih di Kota Samarinda mencapai 80% dan kualitas airnya terus meningkat.

BACA JUGA:

"Kami terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat Samarinda. Kami yakin bahwa dengan kerjasama dan komitmen bersama, kita dapat mencapai tujuan untuk mewujudkan Samarinda yang sejahtera dan berkelanjutan," tandas Andi Harun.

Acara World Water Forum 2024

Kegiatan Local and Regional Governments Day 10th World Water Forum 2024 dihadiri oleh perwakilan dari berbagai negara dan organisasi internasional. Acara ini menjadi platform penting untuk berbagi pengalaman dan solusi dalam pengelolaan air berkelanjutan.

Wali Kota Samarinda didampingi oleh beberapa pejabat Pemkot Samarinda, di antaranya Kepala Bappedalitbang Ananta Fathurrozi, Kepala BPKAD Ibrohim, Kabag Kerjasama Idfi Septiani, Dirut Perumdam Tirta Kencana Wahid beserta Dirum Yusfiansyah, Kepala BPBD Suwarso, dan Tenaga Ahli Amir.

World Water Forum merupakan forum global terkemuka yang membahas tentang isu-isu terkait air.

BACA JUGA:

Forum ini diadakan setiap 3 tahun sekali dan diikuti oleh perwakilan dari berbagai negara, organisasi internasional, sektor swasta, dan masyarakat sipil.

World Water Forum 2024 mengusung tema "Water for All, Water for Life". ***