Dr Novel Tyty Pambonan
Kabar Ibu Kota

Anggota Dewan Berharap Pemerintah Gandeng Perusahaan Sawit Penuhi Air Bersih

  • IBUKOTAKINI.COM - Masih banyak masyarakat Kutai Timur yang belum mendapatkan layanan dasar.
Kabar Ibu Kota
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

KUTAI TIMUR, IBUKOTAKINI.COM - Sejumlah kecamatan di Kabupaten Kutai Timur masih belum memperoleh layanan dasar dari pemerintah. Layanan dasar yang dibutuhkan warga di sejumlah kawasan antara lain aliran listrik, air bersih sampai jaringan telekomunikasi.  

Terkait kondisi tersebut, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kutai Timur (DPRD Kutim), Dr. Novel Tyty Pembonan, berharap pemerintah segera memikirkan solusi. 

“Masih ada masyarakat Kutim yang kesulitan mendapatkan air bersih, listrik dan jaringan telekomunikasi. Pemerintah harus segera bergerak,” kata Novel Tyty Pembonan, dalam wawancara di Kantor DPRD Kutim, Bukit Pelangi Kawasan Pusat Perkantoran, Rabu 18 Oktober 2023. 

Ia menyatakan kekhawatirannya terkait ketidaktersaluran fasilitas dasar tersebut.

BACA JUGA:

"Perlu saya katakan bahwa kita mendapat penghargaan di tempat tertentu. tapi jangan bangga dengan itu, karena ternyata masih ada daerah yang air bersihnya tidak jelas," ungkap Novel Tyty Pembonan.

Ia melanjutkan dengan mencatat contoh daerah seperti Wahau, Kombeng, dan Telen yang mengalami masalah air bersih. Anggota Komisi A itu berpendapat. bahwa ada potensi sumber air baku yang dapat dimanfaatkan,

"Pemerintah seharusnya mempertimbangkan solusi, seperti membangun fasilitas pengolahan air lokal dengan bantuan perusahaan sawit," ungkapnya.

BACA JUGA:

Pihaknya menegaskan, bahwa pemerintah dan DPR memiliki tanggung jawab yang sangat besar dalam memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat, termasuk listrik, air bersih, jaringan komunikasi, pendidikan, kesehatan, ketertiban umum, dan sarana infrastruktur.

"Saya berharap. pemerintah mampu menjamin bahwa fasilitas-fasilitas ini dapat dinikmati oleh semua masyarakat secara merata," harapnya. (adv)