Angka Inflasi Diatas Standar Nasional, TPID Gelar Pasar Murah Selama 5 Hari
Ekonomi

Angka Inflasi Diatas Standar Nasional, TPID Gelar Pasar Murah Selama 5 Hari

  • IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah Kota Balikpapan bersama dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) menggelar Pasar Murah guna menjaga stabilitas harga bahan kebutuhan pokok dan menekan tingginya angka inflasi di Kota Beriman menjelang Idul Fitri.
Ekonomi
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah Kota Balikpapan bersama dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) menggelar Pasar Murah guna menjaga stabilitas harga bahan kebutuhan pokok dan menekan tingginya angka inflasi di Kota Beriman menjelang Idul Fitri.

Pasar Murah ini digelar selama lima hari sejak hari ini, Senin (3/4/2023) hingga Jumat (7/4/2023) mendatang. Bertempat di jalan antara Gedung Parkir Klandasan dan Taman Bekapai.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan angka inflasi di Kota Beriman ini berada di atas angka nasional, yakni 5,96 persen.

“Inflasi kita di angka 5,96 persen. Ini tugas kita bersama dengan jajaran untuk menekan inflasi, yang memicu salah satunya beras,” terang Rahmad kepada awak media usai membuka Pasar Murah.

BACA JUGA:

Namun demikian, Ia menyebut fakta di lapangan stok pasokan beras dalam kondisi aman dan tidak langka.

“Itu nanti akan kita kaji, kenapa itu menjadi dasar penyumbang inflasi. Termasuk alas kaki, transportasi, dan lain-lain. Masih bisa kita atasi lah. Kita berusaha untuk menekan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ia menambahkan, perlu adanya sinergi dan kolaborasi antara semua pihak untuk dapat menurungkan tingginya angka inflasi yang terjadi ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Balikpapan Haemusri Umar menuturkan, pasar murah ini merupakan kelanjutan dari Pasar Ramadhan Drive Thru yang telah digelar di Balikpapan Islamic Center pada 24 Maret hingga 2 April 2023 lalu.

Kegiatan Pasar Murah ini menghadirkan 22 stand yang terdiri dari 13 distributor komoditi pangan yang menjual dengan harga distributor, Bank Indonesia (BI), Bank Kaltimtara, TP PKK Balikpapan,  Bulog, petani binaan Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DP3), Perumda Manuntung Sukses, supermarket, swalayan Transmart, serta swalayan Hero.

Adapun, berbagai macam produk bahan pokok yang tersedia meliputi, beras, cabai, bawang merah, minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, daging beku, telur ayam, dan lain-lain.

Selanjutnya, kegiatan serupa juga akan dilakukan berupa pasar murah dengan menggandeng Perumda Peduli Pangan yang berfokus pada jenis komoditi tertentu, yaitu beras, cabai rawit dan bawang merah.

“Begitu juga akan dilaksanakan pasar murah oleh ekraf (ekonomi kreatif) dengan mengikusertakan para pelaku UMKM,” kata Haemusri.

Sejumlah bahan pokok dan harga yang tersedia di Pasar Murah ini adalah, Minyakita dengan harga dibawah HET Rp 13.000-13.500 untuk kemasan 1liter, Beras Premium Rp 68.000/5kg, Tepung Terigu Rp 11.000/kg, Telur Rp 53.000-56.000 per piring, dan sebagainya.###