Grafis angka kemiskinan. Sumber: BPS Balikpapan
Ekonomi

Angka Kemiskinan Balikpapan Turun, Ketimpangan Pengeluaran Penduduk Meningkat

  • IBUKOTAKINI.COM - Salah satu faktor yang mempengaruhi angka kemiskinan ini adalah tingkat pendidikan penduduk.
Ekonomi
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM - Kemiskinan merupakan permasalahan yang masih terjadi secara merata di seluruh daerah di Indonesia. Sejumlah daerah mampu menekan angka kemiskinan, namun banyak juga yang masih kesulitan.

Salah satu diantara daerah yang cukup berhasil menekan kemiskinan di Kalimantan Timur adalah Kota Balikpapan.

Mengacu pada data yang dihimpun dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Balikpapan, jumlah penduduk miskin di Kota Balikpapan menurun sebesar 0,44 persen dibandingkan tahun 2021.

"Jumlah penduduk miskin pada tahun 2022 sebesar 15,83 ribu orang, menurun 2,7 ribu orang terhadap jumlah penduduk miskin tahun 2021," dikutip dari Berita Resmi Statistik No. 03/01/6471/Th. XVIII, 12 Januari 2023 yang dirilis oleh BPS Kota Balikpapan.

Salah satu faktor yang mempengaruhi angka kemiskinan ini adalah tingkat pendidikan penduduk.

BACA JUGA:

Menurut hasil Susenas (Survei Sosial Ekonomi Nasional) Maret 2022, sebanyak 61,99 persen penduduk miskin di Kota Balikpapan telah menamatkan pendidikan minimal SMA/sederajat.

Sementara itu, sebanyak 27,10 persen penduduk miskin hanya menamatkan pendidikan minimal SD dan 10,92 persen tidak memiliki ijazah SD.

BPS Kota Balikpapan juga menggunakan aspek ketenagakerjaan dan proporsi pengeluaran perkapita sebagai indikator perhitungan tingkat kesejahteraan penduduk.

"Rumah tangga dengan pendapatan yang lebih rendah memiliki kecenderungan menggunakan lebih banyak pendapatannya untuk memenuhi kebutuhan makanan," tulis Berita Resmi Statistik yang sama seperti yang dikutip sebelumnya.

Berbeda halnya dengan rumah tangga yang berpenghasilan lebih tinggi akan cenderung menggunakan lebih banyak pendapatannya untuk memenuhi kebutuhan non-makanan karena kebutuhan makanan sudah terpenuhi.

BACA JUGA:

"Di Kota Balikpapan, persentase pengeluaran perkapita penduduk miskin sebesar 50,38 persen sedangkan penduduk tidak miskin sebesar 43,22 persen," lengkap BRS tersebut.

Dari data-data yang telah dipaparkan, Kota Balikpapan menduduki angka kemiskinan terkecil di Kalimantan Timur pada tahun 2022.

Sedangkan, pada level nasional, Kota Beriman menduduk posisi ke-2 terkecil setelah Kota Sawah Lunto di Sumatera Barat dengan angka kemiskinan sebesar 2,28 persen.

Adapun, tingkat ketimpangan pengeluaran penduduk Kota Balikpapan tahun 2022 yang diukur menggunakan Gini Ratio adalah sebesar 0,334. Angka ini meningkat 0,009 poin jika dibandingkan dengan Gini Ratio tahun 2021.

Hal ini menjadikan Kota Balikpapan sebagai Kabupaten/Kota dengan ketimpangan tertinggi ke-3 di Kalimantan Timur setelah Kabupaten Berau (0,352) dan Kota Samarinda (0,346). ###

 

Penulis: Niken Dwi Sitoningrum