Simulasi kebencanaan cuaca ekstreem di Dome Balikpapan
Kabar Ibu Kota

Antisipasi Cuaca Ekstrem Simulasi Bencana Tanah Longsor dilaksanakan di Balikpapan

  • IBUKOTAKINI.COM - Untuk mengantispasi cuaca ekstreem , Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) kota balikpapan menggelar simulasi tanah longsor/ kegiata
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM - Untuk mengantispasi cuaca ekstreem , Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Balikpapan menggelar simulasi tanah longsor dalam memperingati bulan pengurangan risiko bencana ( PRB) dari tanggal 12 -14 Oktober 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan BPBD Balikpapan melibatkan seluruh element masyarakat di antaranya Basarnas, Rumah Sakit, TNI POLRI , perusahaan swasta hingga relawan kebencanaan dengan jumlah sebanyak 735 orang peserta.

Pelaksanaan simulasi penanganan musibah bencana tanah longsor ini sengaja dipilih karena Balikpapan rawan untuk musibah tersebut apalagi di tengah cuaca ekstreem.

Simulasi ini juga disaksikan langsung deputi bidang pencegahan BNPB, Prasinta Dewi dan anggota komisi 8 DPR RI Ina Amania dan Plh Sekda Kota Balikpapan Muhaimin mewakili Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud.

Skenario simulasi ini dibuat seolah terjadi bencana tanah longsor sehingga memakan puluhan orang jiwa dan luka. dimana korban ada yang tertimbun material tanah ataupun pohon. Bahkan sampai ada yang dibuat mengalami cedera dan luka dalam skenario tersebut. 

BACA JUGA:

Dari banyaknya relawan yang mengikuti kegiatan ini Relawan Bantuan Darurat (Banda) Indonesia yang merupakan potensi SAR dari BPBD dan Basarnas Balikpapan kelihatan lebih menonjol dalam proses evakuasi korban. 

Relawan Banda Indonesia yang di dukung oleh PT. Transkon jaya Tbk dan PT. Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan dalam operasionalnya sangat cekatan dan kompak serta mampu bekerjasama dengan cepat dengan petugas SAR lainnya dalam pelaksanakan evakuasi korban. 

Di Maklumi mereka sudah terbiasa turun dalam musibah bencana nasional dan semua anggotanya terlatih. Sehingga untuk mengevakuasi korban mereka tidak kebingungan hanya dalam hitungan menit mereka bisa mengevakuasi banyak korban dengan penangana medical first responder yang tepat dan peralatan yang memadai dan lengkap sehingga fatalitas korban bisa di kurangi. Relawan terlatih seperti inilah yang di butuhkan dalam situasi bencana.

Sementara Kepala BPBD Balikpapan, Silvia Rahmadina mengatakan, kegiatan simulasi ini dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan kesiapsiagaan semua komando bencana di Kota Balikpapan. Tujuannya adalah untuk melihat kesiapsiagaan mulai dari bagaiman petugas mempersiapkan personel, peralatan, maupun perlengkapan yang dibutuhkan sesuai bencana yang terjadi.

“Tujuan kegatan ini supaya semua petugas dan relawan siap siaga bila mana terjadi musibah tanah longsor," katanya

Sementara itu, Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Prasinta Dewi menambahkan, simulasi ini merupakan bentuk tindak lanjut dari arahan Presiden RI Joko Widodo mengenai tanggap bencana. dimana kesiapsiagaan terhadap bencana perlu ditularkan ke seluruh lapisan masyarakat.

Berkaitan dengan cuaca ekstreem kordinator data dan informasi stasiun meteorolgi bandara Sultan Aji Muhammd Sulaiman Sepinggan, Diyan nofrida mengatakan di kalimantan timur potensi cuaca ekstrem masih berlangsung dari tanggal hingga 15 oktober 2022. 

“Masih kami pantau bilamana masih ada potensi cuaca ekstrem kami akan mrelease kembali. Intensitas hujan lebat bilamana curah hujan 50 milimter atau lebih sehari. Kalau 100 milimeter sudah sangat lebat . Potensinya terjadi dinihari sampai pagi hari,” ujarnya.

Untuk masyarakat yang berada di daerah yang rawan longsor untuk selalu memonitior himbauan dari BMKG. ###