Antisipasi DBD, Kadinkes Balikpapan Imbau Masyarakat Bersihkan Lingkungan Sekitar dan Periksakan Demam Tinggi
Kabar Ibu Kota

Antisipasi DBD, Kadinkes Balikpapan Imbau Masyarakat Bersihkan Lingkungan Sekitar

  • IBUKOTAKINI.COM - Peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) tak seketika membuat Kota Balikpapan aman dari ancaman penyakit mematikan ini.
Kabar Ibu Kota
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) tak seketika membuat Kota Balikpapan aman dari ancaman penyakit mematikan ini.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengimbau masyarakat untuk aktif dan berpartisipasi melakukan pencegahan.

Hal itu dapat dilakukan dengan membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggalnya, menjaga daya tahan tubuh dan memeriksakan gejala demam tinggi secepatnya.

“Kepada seluruh warga Kota Balikpapan, dalam musim penghujan ini, agar tetap rutin melakukan pembersihan halaman-halaman rumah terutama di mana terdapat genangan-genangan air, mungkin ada di botol atau kaleng-kaleng bekas,” terang wanita yang akrab disapa Dio ini, Minggu (2/7/2023).

“Sebab, kita ketahui bahwa jentik nyamuk DBD ini berkembang biak dengan baik di air yang bersih,” tambahnya.

BACA JUGA:

Selain itu, ia juga meminta masyarakat untuk secara rutin menguras tempat-tempat penampungan air.

Secara mandiri, masyarakat juga diminta untuk menjaga serta meningkatkan imun tubuh dengan minum air yang cukup dan mengonsumsi makanan bergizi dengan menu-menu yang sehat.

Namun, apabila temuan gejala sudah terjadi, masyarakat diharapkan dapat segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan yang tersedia.

“Segera lah ke fasilitas kesehatan jika ada anggota keluarga yang menderita demam tinggi,” imbuhnya.

“Jangan menunggu sampai tiga hari, secepatnya!” tegasnya. ###