Antisipasi Lonjakan Pengunjung, DPOP Turun 50 Personel di Pantai Manggar
Balikpapan

Antisipasi Lonjakan Pengunjung, DPOP Turun 50 Personel di Pantai Manggar

  •  BALIKPAPAN - Momen libur lebaran Idul Fitri 1445 Hijiriah, destinasi wisata pantai menjadi pilihan banyak orang. Salah satu, Pantai Manggar Sengara Sari B
Balikpapan
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Momen libur lebaran Idul Fitri 1445 Hijiriah, destinasi wisata pantai menjadi pilihan banyak orang. Salah satu, Pantai Manggar Sengara Sari Balikpapan.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan, Ratih Kusuma mengatakan jajaran dinas terkait di lingkungan Pemerintah Kota (Pemerintah Kota) Balikpapan bekerja sama dengan TNI Polri, melakukan pengamanan kepada para pengunjung Pantai Manggar Segara Sari, saat lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijiriah. 

"Jadi kita mulai melakukan pengamanan dari tanggal 10-16 April 2024, dari pukul 07:00-18:00 WITA dengan sistem satu jalur. Jadi masuk melalui pintu masuk Manggar dan keluar ke arah Dandito," jelasnya kepada media.

Sebayak 50 personil diturunkan DPOP Balikpapan untuk melakukan pengamanan yang terbagi dalam beberapa shift. 

"Kami bagi tugas, ada shift pagi dan sore," ungkapnya.

Pihaknya menyiapkan enam kantong parkir bagi kendaraan roda dua, roda empat dan bus. Begitu juga memberikan layanan evakuasi ambulans di ruang kesehatan dan bagian informasi. 

BACA JUGA:

Disisi lain, pihaknya menempatkan lifeguard untuk berada di titik pengamanan apabila Pantai Manggar ini baru mempunyai growing refrentment, sehingga harus diberikan tanda larangan.   

"Yang mana boleh mereka berenang dan yang mana tidak," ucapnya.

Untuk itu, pihaknya akan terus memberitahukan kepada pengunjung untuk lebih berhati-hati menjaga anak-anak. 

"Jangan sampai terlepas dari rombongan. Kami akan buat publikasi, khusus untuk jalur evakuasi, pintu masuk dan keluar dan pos terpadu yang berada di daerah situ, dengan memasang rambu-rambu maupun spanduk yang ada disekitar sana," ungkapnya.

Pihaknya juga membutuhkan bantuan dari Kelompok Sadar Pariwisata (Pokdarwis) yang ada di Pantai Manggar, untuk membantu mengarahkan penempatan parkir. "Dimana mereka harus ditempatkan, karena ada enam kantong parkir," ujarnya.

Kalau sudah penuh setiap kantong parkir yang disediakan, maka pihaknya akan membuat aturan buka tutup dulu sementara, karena kalau orang berwisata belum tentu satu jam tapi mulai dari pagi hingga sore baru pulang.

Pihaknya juga bersurat ke PDAM dan PLN untuk bisa membantu pelayanan listrik dan air selama masa liburan lebaran Idul Fitri 1445 Hijiriah di Pantai Manggar. 

Selain itu, petugas Basarnas juga bersiaga sejumlah posko untuk memantau aktivitas pengunjung di Pantai Manggar Segarasari. ***