Antre Pembelian BBM, Pemkot Balikpapan Tawarkan Dua Opsi Bagi Sopir Angkot
Kabar Ibu Kota

Antre Pembelian BBM, Pemkot Balikpapan Tawarkan Dua Opsi Bagi Sopir Angkot

  • BALIKPAPAN – Mewakili Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud S.E., M.E., Sekretaris Daerah Kota Balikpapan H. Muhaimin S.T., M.T., menerima perwakila
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Puluhan sopir angkutan kota di Balikpapan mendatangi Balaikota Balikpapan pada Selasa 12 Desember 2023.  Sopir angkot mendatangi Balaikota Balikpapan meminta kepada Pemerintah Kota Balikpapan agar penambahan waktu untuk pelayanan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi yakni Pertalite.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Kota Balikpapan Muhaimin mengatakan bahwa Pemkot Balikpapan dan Pertamina memberikan beberapa penyelesaian dari persoalan tersebut.

Yaitu menawarkan kepada sopir angkot untuk layanan jalur khusus angkot Pertalite dilayani pada pukul 13.00 -17.00 wita. Pilihan lainnya pada pukul 09.00 – 11.00 wita dan 14.00 -16.00 wita. Layanan jalur khusus angkot tersebut dilayani di empat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Balikpapan. 

“Itu beberapa pilihan, dan belum diputuskan. Sore nanti (12/12) sopir angkot akan memutuskan pilihannya jam mana yang akan dipilih. Kenapa ada pagi dan siang itu untuk memudahkan sopir angkot misal tidak bisa isi pagi, bisa dilakukan siang,” terangnya usai menerima perwakilan sopir angkot. 

Empat SPBU itu melayani sesuai jalur trayek. Yaitu SPBU Kilometer 9 untuk trayek 8, Kilometer 4 untuk angkot nomor 3 dan 2A, Batakan untuk trayek 7, dan SPBU Karanganyar 1,5 dan 6. 

BACA JUGA:

Menurut Muhaimin, apabila sopir angkot sudah ada keputusan maka jalur khusus itu diujicoba. “Uji coba untuk pukul 14.00-16.00 wita sudah dilaksanakan pada 11-12 Desember 2023. Uji coba ini tiap harinya terus dievaluasi. Kalau aman baru kita keluarkan surat edaran,” ungkapnya. 

Selain itu, sopir angkot bisa menggunakan jalur lainnya apabila jalur khusus untuk angkot habis. “Artinya antre bersama lainnya,” imbuh Muhaimin didampingi Kepala Bagian Perekonomian, Sekretariat Kota Balikpapan, Sri Hartini Anugraha.  

Pemkot Balikpapan terima perwakilan Sopir Angkot Balikpapan

Terkait penggunaan aplikasi Pertamina, Muhaimin memaparkan sopir angkot akan dibantu oleh petugas Dinas Perhubungan. Karena Pertamina menerapkan penggunaan aplikasi digital agar penggunaan BBM subsidi Pertalite dapat tepat sasaran. 

Sales Branch Manager Rayon I Kaltimut Ferry Fernandi da sejumlah opsi yang diberikan untuk pengisian BBM di SPBU yakni opsi pertama pukul 13.00 – 17.00 wita atau opsi dibagi dua pukul 09.00-11.00 wita dan 14.00-16.00 wita.

“Kami cari formula terbaik kira-kira bisa membantu sopir angkot dan masyarakat umum, dapat solusi terkait untuk antrian pertalite,” tandasnya. 

Sementara itu, Hendra perwakilan sopir angkot trayek 3 mengungkapkan kedatangan sopir angkot ini untuk penambahan waktu jalur khusus angkot, dan tidak ada pembatasan. 

“Alhamdulillah dengan pertemuan ini ditawarkan beberapa pilihan waktu. Kemungkinan pilih pukul 09.00-11.00 wita dan 14.00-16.00 wita,” sebutnya. (*)