Apeksi di Balikpapan Jadi Momen Kolaborasi Mendukung Pembangunan IKN
Kabar Ibu Kota

Apeksi di Balikpapan Jadi Momen Kolaborasi Mendukung Pembangunan IKN

  • BALIKPAPAN – Sebelum digelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke 17 di Kota Balikpapan pada bulan
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Sebelum digelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke 17 di Kota Balikpapan pada bulan Juni 2024 mendatang. Apeksi meluncurkan kegiatan Indonesia City Expo (ICE) 2024 dan Pra Rakernas ke 17 di Novotel Balikpapan pada Kamis 29 Februari 2024. 

Ajang ini diikuti 98 kota se-Indonesia. Pra rakernas ini rangkaian dari kegiatan memantapkan pelaksanaan rakernas di mana Balikpapan terpilih menjadi tuan rumah pelaksanaan Rakernas Apeksi ke 17 pada 3-6 Juni 2024.

Wali Kota Balikpapan, H. Rahmad Mas’ud berkomitmen bahwa pihaknya akan menjadi tuan rumah dengan sebaik-baiknya.

“Hasil rakernas ke-16 Apeksi di Makassar, menetapkan Kota Balikpapan menjadi tuan rumah rangkaian rakernas tahun ini. Dan ini bertepatan juga dengan HUT ke-24 Apeksi,” katanya dalam ucapan selamat datang kepada peserta Pra Rakernas Apeksi.

Menurut Rahmad, Balikpapan memiliki peran dan posisi yang strategis karena letaknya yang sangat dekat dengan Ibu Kota Nusantara (IKN), megaproyek pemerintah beberapa tahun terakhir.

BACA JUGA:

Melalui rakernas ke-17, dia berharap para peserta yang hadir tak cuma membahas persoalan sektoral di dalam asosiasi, tetapi juga berkolaborasi untuk menyukseskan pembangunan IKN di Kalimantan Timur.

Ia menyampaikan bahwa Balikpapan tidak memiliki sumber yang memadai untuk urusan bahan pokok seperti beras, daging, sayur-mayur. Rata-rata, bahan pokok didatangkan dari luar daerah seperti kawasan Jawa dan Sulawesi.

“Kami 99,9 persen berasnya mendatangkan dari luar,” kata Wali Kota Rahmad Mas’ud sembari menekankan pentingnya kolaborasi dengan kota lain untuk menyukseskan pembangunan IKN.

Dalam kesempatan itu, hadir Ketua Dewan Pengurus Apeksi, Eri Cahyadi. Sebelumnya Wali kota Surabaya ini juga meninjau beberapa lokasi yang akan menjadi venue rangkaian kegiatan Apeksi ke 17. 

Eri Cahyadi mengatakan bahwa setiap kota yang ada di Indonesia memiliki keunggulan. “Kelebihan yang ada di semua kota bisa kita satukan lewat Apeksi,” kata Eri dalam keterangan persnya. (*)