Arus Mudik di Bandara Sepinggan Diprediksi Naik 15%, 40 Extra Flight Disiapkan
Ekbis

Arus Mudik di Bandara Sepinggan Diprediksi Naik 15%, 40 Extra Flight Disiapkan

  • BALIKPAPAN - Arus mudik di Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan diprediksi mengalami kenaikan 15% pada Lebaran 2024. Hal ini disampaikan oleh Genera
Ekbis
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN - Arus mudik di Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan diprediksi mengalami kenaikan 15% pada Lebaran 2024. Hal ini disampaikan oleh General Manager Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan, Ahmad Syaugi Shahab, saat Pembukaan Posko Pengendalian Transportasi Angkutan Udara di Terminal Keberangkatan pada Rabu 3 April 2024. 

"Kalau lihat sekarang sudah hampir 12 ribu (penumpang) berangkatnya saja," ucap Syaugi kepada awak media.

Berdasarkan perhitungan, arus keberangkatan diprediksi mencapai 20.952 penumpang, naik dari rata-rata hari biasa. Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada akhir pekan ini.

"Mudah-mudahan akan lebih, ya paling tidak mencapai (20 ribu)," kata Syaugi.

Sementara itu, arus balik diprediksi mencapai 20.358 penumpang dengan puncaknya pada tanggal 5 April untuk arus berangkat dan 15 April untuk arus balik.

BACA JUGA:

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang menurutnya, sebanyak 40 extra flight telah disiapkan oleh maskapai penerbangan.

"Ada Lion Air grup, Citilink juga nambah, extra flight," ujar Syaugi.

Tujuan penerbangan yang paling diminati masih didominasi oleh Jakarta, Surabaya, dan Makassar. 

Sedangkan untuk jam operasional, Bandara Sepinggan siap beroperasi hingga dini hari jika diperlukan. Namun, rata-rata jam operasional bandara adalah hingga pukul 24.00 WITA.

"Jam operasional sampai jam 12 (malam), tapi kita diminta untuk kemungkinan (tambahan) untuk siap. Kalau ada permintaan sampai jam 2 pagi juga kita layani," kata Syaugi.

Ahmad Syaugi Shahab

Sebagai informasi, Posko Mudik Lebaran 2024 telah didirikan di Bandara Sepinggan untuk memberikan pelayanan kepada para pemudik. Posko ini menyediakan berbagai layanan seperti informasi penerbangan, kesehatan, dan keamanan.

Syaugi mengimbau kepada para pemudik untuk datang ke bandara lebih awal agar tidak terlambat penerbangan.

"Kita imbau kepada para pemudik untuk datang lebih awal, minimal 2-3 jam sebelum keberangkatan," ujarnya.

Dari pantauan ibukotakini.com, terlihat penumpang jasa angkutan udara melalui Bandara SAMSS Sepinggan Balikpapan cukup padat. Di mana terlihat antrian untuk melakukan check in. 

Salah satu penumpang atau pengguna jasa transportasi udara, Rofiq, mengatakan bahwa dirinya membawa rombongan pekerja sebanyak 200 orang. 

“Kami berangkat dari IKN kemarin Selasa (2/4) sampai di Bandara Sepinggan Pukul 12.00 Wita. Dan rencananya penerbangan pagi tujuan Surabaya,” katanya saat dijumpai di Bandara Sepinggan ketika akan Check in. 

Pembelian tiket telah dipersiapkan dari Perusahaan tempat bekerja. “Sejauh ini mudik kami lancar. Nanti sampai Surabaya kami pisah. Saya sendiri ke Pomalang,” ujarnya. ***