Pembukaan Latihan Bersama TNI AD dan US Army, Rabu (4/8/2021)
Kabar Ibu Kota

Asah Kemampuan, Latihan Bersama TNI AD dan US Army Dimulai

  • IBUKOTAKINI.COM – Guna mengasah kemampuan prajurit, TNI AD dan US Army (Tentara Amerika Serikat) mulai latihan bersama. Hari ini (4/8), pembukaan latihan bersam
Kabar Ibu Kota
Admin

Admin

Author

IBUKOTAKINI.COM – Guna mengasah kemampuan prajurit, TNI AD dan US Army (Tentara Amerika Serikat) mulai latihan bersama. Hari ini (4/8), pembukaan latihan bersama digelar di Makodam VI Mularwaman. Dengan pembukaan tersebut menandai dilaksanakannya latihan bersama.  

Pangdam VI mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto mengatakan, latihan tersebut, merupakan kesempatan bagi prajurit untuk mengasah kemampuan. Karena latihan akan berlangsung sepekan lebih.

“Tentunya kita ingin mendapatkan satu kemampuan bagi parjurit kita. Dimana mereka bisa berlatih bersama-sama dengan tentara luar yaitu US Army,” kata Heri Wiranto usai membuka latihan bersama pada Rabu (4/8/2021).

Latihan bersama dimulai hari ini (4/8) hingga 13 Agustus mendatang. Adapun beberapa tahapan dalam latihan bersama tersebut. Latihan diawal menyangkut penggunaan senjata, mulai dari senjata ringan, senjata mortir dan senja mesin ringan. Kemudian latihan taktik.

“Latihan ada beberapa tahapan yang pertama adalah bagaimana menyamakan materi, ada beberapa latihan terkait dengan senjata, kemudian setelah itu baru kita akan melaksanakan latihan di lapangan,” ujarnya

Awal latihan di markas Batalyon Infantri 600 Rider dimana latihan itu bersifat persiapan. Kemudian latihan taktik di lapangan yang dilaksanakan di medan latihan Ambarawang. 

Dia mengungkapkan, cuaca di Kota Balikpapan memang masih tidak menentu. Namun tidak mengurangi semangat para prajurit untuk berlatih. Selain itu, para prajurit juga sudah terbiasa dengan cuaca

“Situasi cuaca memang diwilayah Kaltim khususnya Balikpapan tidak selalu sama, setiap hari berubah-ubah kadang hujan, kadang panas. Tapi bagi prajurit kita latihan dengan cuaca dan medan seperti itu sudah biasa,” tandasnya.

Sementara bagi tentara Amerika Serikat, justru menjadi tantangan tersendiri. Karena selama ini sudah terbiasa berlatih dengan cuaca dingin. Sehingga harus beradaptasi. Namun tak mengahalangi keduanya latihan bersama.

“Tentunya dia mendapat siatuasi yang berbeda karena biasanya latihan di daerah dingin, tadi saya sempat ngobrol dehgan mereka sekarang merak latihan di daeah yang cukup panas, ini mungkin jadi pengalaman juga bagi mereka,” pungkasnya.