Astra Motor Kaltim 1 Berikan Tips Aman Berboncengan untuk Keselamatan Berkendara
Tren

Astra Motor Kaltim 1 Berikan Tips Aman Berboncengan untuk Keselamatan Berkendara

  • Tidak hanya pengendara sepeda motor saja yang perlu memperhatikan cara berkendara yang baik agar nyaman dan aman selama perjalanan, namun yang dibonceng juga perlu mengetahui cara-cara agar perjalanan tetap aman dan nyaman.
Tren
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN - Astra Motor Kaltim 1, selaku main dealer wilayah Balikpapan, PPU, Paser, dan Kaltara, kali ini memberikan tips safety riding khususnya untuk para pengguna sepeda motor yang sering berboncengan. 

Tidak hanya pengendara sepeda motor saja yang perlu memperhatikan cara berkendara yang baik agar nyaman dan aman selama perjalanan, namun yang dibonceng juga perlu mengetahui cara-cara agar perjalanan tetap aman dan nyaman. Mengingat sepeda motor sebagai kendaraan yang praktis, ekonomis, dan efisien, banyak orang yang menggunakan sepeda motor untuk bepergian.

Meski merasa memiliki keahlian berkendara yang cukup, banyak orang mengabaikan pentingnya keselamatan dan keamanan dalam berkendara. Baik pengendara sepeda motor maupun yang dibonceng sama-sama memiliki risiko yang sama saat mengalami kecelakaan. 

Oleh karena itu, sebagai orang yang dibonceng, kamu juga memerlukan aturan yang bisa meminimalisir kecelakaan yang melibatkan sepeda motor. 

Berikut beberapa tips aman dan nyaman dibonceng sepeda motor dari Astra Motor Kaltim 1:

  1. Duduk Senyaman Mungkin Pastikan kamu duduk senyaman mungkin saat dibonceng. Duduk dalam posisi yang benar akan mempengaruhi keseimbangan sepeda motor. Jika kamu duduk dengan nyaman, sepeda motor akan lebih stabil dan mudah dijalankan, sehingga kamu akan aman dan nyaman selama perjalanan.
  2. Tetap Menggunakan Perlengkapan Keamanan Berkendara Meski hanya dibonceng, kamu tetap harus memakai perlengkapan keamanan seperti jaket, sarung tangan, helm, dan sepatu. Penggunaan perlengkapan ini akan mengurangi risiko cedera jika terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan.
  3. Jangan Tidur Rasa jenuh saat dibonceng bisa membuatmu mengantuk, namun pastikan kamu tidak tertidur. Tidur di motor sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kamu terjatuh dan membahayakan diri sendiri serta pengendara. Lebih baik berhenti sejenak dan beristirahat jika merasa sangat mengantuk.
  4. Perhatikan Pengendara Sepeda Motor Kamu harus terus memperhatikan pengendara dari belakang. Jika pengendara terlihat lelah atau mengantuk, segera minta untuk menepi dan beristirahat. Keselamatan lebih penting daripada tergesa-gesa sampai ke tujuan.
  5. Jangan Bawa Barang Bawaan Terlalu Banyak Hindari membawa barang bawaan yang banyak saat dibonceng. Bawalah barang secukupnya saja untuk menjaga keseimbangan sepeda motor. Membawa barang berlebihan bisa mengganggu keseimbangan dan membahayakan perjalanan.
  6. Mengontrol Kecepatan Sebagai orang yang dibonceng, perhatikan kecepatan pengendara. Jika dirasa terlalu kencang, jangan ragu untuk menegur dan meminta pengendara untuk mengontrol kecepatan.

“Dengan menerapkan tips di atas, teman-teman tidak perlu ragu untuk dibonceng mengendarai sepeda motor dan jangan lupa terus #cari_AMAN dimanapun dan kapanpun,” ujar Daniel Natanael Toghas, Safety Riding Officer Astra Motor Kaltim 1 pada Senin 22 Juli 2024.

Keamanan dalam berkendara adalah tanggung jawab bersama, baik pengendara maupun yang dibonceng. Dengan mengetahui dan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan perjalanan dengan sepeda motor menjadi lebih aman dan nyaman bagi semua pihak. ***