Yudi Saharuddin
Balikpapan

Atasi Keterbatasan Air Baku di Balikpapan, PTMB Lakukan Upaya Berkelanjutan

  • Langkah strategis itu di antaranya, koordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) yang untuk menambah persediaan air baku.
Balikpapan
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN – PT Perumda Tirta Manuntung Balikpapan selaku pengelola air bersih di Kota Balikpapan terus berupaya mengatasi persoalan keterbatasan air baku di Kota Minyak ini. 

Direktur Utama PT Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB), Yudi Saharuddin menjelaskan selain melakukan rekayasa distribusi air bersih, PTMB juga mencari solusi jangka panjang untuk memastikan ketersediaan air yang memadai bagi seluruh pelanggannya.

“Langkah-langkah Strategis Menuju Solusi Jangka Panjang

Beberapa langkah strategis yang dilakukan PTMB untuk mengatasi keterbatasan air baku di Balikpapan,” terangnya, baru-baru ini. 

Langkah strategis itu di antaranya, koordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) yang untuk menambah persediaan air baku. 

“Hal ini dilakukan dengan mencari sumber air baru yang potensial dan membangun infrastruktur yang diperlukan untuk menyalurkannya ke Kota Balikpapan,” ucapnya.

Selanjutnya, pengadaan IPA Mobile. Di mana PTMB merencanakan pengadaan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Mobile untuk mendistribusikan air bersih di wilayah yang sulit dijangkau jaringan pipa.

“IPA Mobile ini diharapkan dapat membantu menjangkau masyarakat di daerah terpencil dan memastikan akses air bersih yang merata,” ujarnya.

BACA JUGA:

Kemudian percepatan proyek SPAM Regional: PTMB juga mempercepat proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional dari intake Mahakam. 

“Proyek ini diharapkan dapat meningkatkan ketersediaan air baku secara signifikan dan menyelesaikan permasalahan air baku di Balikpapan secara permanen,” sebut Yudi Saharuddin.

Imbauan kepada Pelanggan

Di tengah upaya mengatasi keterbatasan air baku, PTMB menghimbau kepada pelanggan di wilayah terdampak. Yaitu mempersiapkan air cadangan selama periode rekayasa distribusi air bersih, menghemat air, melaporkan kebocoran atau gangguan

Yudi menegaskan komitmen PTMB untuk terus meningkatkan pelayanan air bersih kepada seluruh pelanggan di Kota Balikpapan.

"Rekayasa distribusi air bersih ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut," ujar Yudhi.

Ia juga menambahkan bahwa PTMB akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk mencari solusi terbaik dalam mengatasi permasalahan air baku di Balikpapan.

Upaya-upaya berkelanjutan yang dilakukan PTMB ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan keterbatasan air baku di Balikpapan secara permanen dan memastikan ketersediaan air bersih yang memadai bagi seluruh masyarakat. ***