Babinsa Muara Rapak Gelar Karya Bhakti di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Balikpapan pada Minggu 8 Oktober 2023
Kabar Ibu Kota

Babinsa Muara Rapak Gelar Karya Bhakti di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Balikpapan

  • IBUKOTAKINI.COM - Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Balikpapan, yang berada di Jalan Ahmad Yani No.19 RT. 61 Kelurahan Muara Rapak Kecamatan Balikp
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Balikpapan, yang berada di Jalan Ahmad Yani No.19 RT. 61 Kelurahan Muara Rapak Kecamatan Balikpapan Utara menjadi sasaran karya bhakti yang dilakukan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kelurahan Muara Rapak, Sertu Windoko.

Windoko sengaja memilih lokasi tersebut, karena kemacetan sering terjadi di jalan protokol ini, ketika anak-anak masuk dan pulang sekolah. Kendaraan baik roda dua dan roda empat berjajar mengantar dan menunggu anak-anak pulang sekolah.

Untuk itu, dirinya berinisiatif bersama Lurah Muara Rapak, Babinkamtibmas, LPM, LKM dan FKPM, melaksanakan karya bhakti yang merupakan program dari Kodim 0905/Balikpapan dalam hal ini Koramil 0905-01/Balikpapan Utara. "Kita langsung musyawarah," ucapnya disela-sela kegiatan, pada hari Minggu (08/10/2023).

Salah satu upaya mengurai kemacetan di wilayah itu, Windoko berinisiasi membuat parkr di lahan kosong tepat didepan sekolah. Meskipun memang, lahan milik Pertamina itu tidak terurus, penuh pohon dan rerumputan liar.

"Saat ini, lahan tidak berfungsi hanya kebun liar dan akan dijadikan sebagai tempat parkir bagi pengedara yang akan menjemput anak-anak sekolah, sehingga mengurangi kemacetan di Jalan Protokol ini," terangnya.

Selain itu, tempat parkir ini juga akan dihiasi dengan taman kecil yang ditanami pohon seperti pohon pucuk merah, pohon buah agar terlihat indah dan rapi.

BACA JUGA:

"Ini kan dipinggir jalan poros, supaya menambah keindahan Kota Balikpapan yang selama ini selalu mendapatkan Adipura, maka saya menggagas untuk membuat taman kecil," ujar Windoko.

Lurah Muara Rapak, Bima Wibisono menyambut baik karya bakti yang merupakan kegiatan sosial dan kegiatan untuk menjaga lingkungan, agar tetap bersih. Berharap masyarakat dapat memanfaatkan ruang terbuka hijau untuk kegiatan pelestarian lingkungan. 

"Mudah-mudahan ini bisa dilanjutkan oleh masyarakat maupun sekolah seperti dengan melakukan jumat bersih, sehingga lingkungan tidak menjadi kumuh," ungkapnya.

Karya bhakti diikuti LPM Muara Rapak; LKM Muara Rapak; FKPM Muara Rapak; masyarakat RT 61; siswa madrasah termasuk seluruh Babinsa Kecamatan Balikpapan Utara. (*)