Bahas Bantuan Keuangan, DPRD Kaltim Dapil Balikpapan Kunjungan Kerja ke Pemkot, Rabu (5/4/2023)
Advertorial

Bahas Bantuan Keuangan, DPRD Kaltim Dapil Balikpapan Kunjungan Kerja ke Pemkot

  • IBUKOTAKINI.COM – DPRD Provinsi Kalimantan Timur Daerah Pemilihan (Dapil) Balikpapan melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Balikpapan p
Advertorial
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – DPRD Provinsi Kalimantan Timur Daerah Pemilihan (Dapil) Balikpapan melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Balikpapan pada Rabu, 6 April 2023. Kunjungan kerja dipimpin Bagus Susetyo dan diikuti Mimi Meriami BR Pane, H Baba dan H Mustafa.

Kunjungan kerja ini dimaksud untuk membahas Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Pemerintah Provinsi Kaltim tahun 2023 ini. Di mana bankeu untuk Kota Balikpapan tahun ini sebesar Rp 96 miliar. 

Dalam kunjungan, Anggota DPRD Kaltim, Bagus Susetyo mengungkapkan bahwa yang menjadi salah satu tugas pokok dan fungsi dari anggota DPRD menjaring aspirasi yang dilaksanakan setiap 4 bulan sekali. 

Sosialisasi itu dari peraturan daerah, wawasan kebangsaan dan yang terakhir ini adalah kunjungan daerah pemilihan di Balikpapan. 

“Memang tidak membatasi kita berdiskusi dengan pemerintah daerah, bisa juga dengan masyarakat. Tapi untuk kali ini kita mau fokus dengan bantuan keuangan yang diberikan oleh pemerintah provinsi,” jelas Bagus Susetyo yang memimpin rombongan kunjungan kerja. 

BACA JUGA:

Ia pun mempertanyakan apa penyebab Balikpapan hanya mendapatkan bantuan keuangan dengan jumlah tersebut. Padahal Balikpapan punya prestasi paling tinggi. Selain itu, pintu gerbang Provinsi Kaltim. 

“Kami ingin tahu, mekanisme pengusulan bantuan dan progres pekerjaan anggaran dari bankeu,” ucapnya. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Muhaimin mengharapkan bankeu di tahun 2024 bisa mendapatkan dua kali lipat dari tahun 2023 sebesar Rp 96 miliar. 

“Usulan kami itu Rp 1,7 triliun pada saat pelaksanaan Musrenbang tapi keluarnya sekitar Rp 96 miliar," ujarnya.

Ia meminta dukungan kepada anggota DPRD Kaltim Dapil Balikpapan, supaya Bantuan Keuangan untuk Kota Balikpapan bisa mendapatkan yang pantas sebagai Kota berprestasi dan Kota penyangga IKN.

"Semua tahapan dan mekanisme usulan sudah di sampaikan. Mudah-mudahan bisa mendapatkan perhatian dan dukungan, agar Bantuan Keuangan Kota Balikpapan tidak terlalu kecil," ungkapnya.

Sekda memaparkan bantuan keuangan senilai Rp 96 miliar tersebut digunakan untuk peningkatan jalan Mukmin Faisal oleh Dinas Pekerjaan Umum, pembangunan SD dan SMP terpadu di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan termasuk penerangan jalan oleh Dinas Perhubungan. 

"Kami optimis Bantuan Keuangan akan selesai tepat waktu," tandasnya. ###