Program 'Ayah Bisa' yang diluncurkan Balai Layanan Anak Berkebutuhan Khusus Balikpapan bermanfaat mempersingkat waktu terapi sehingga mengurangi beban biaya, tenaga waktu dari orang tua.
Kabar Ibu Kota

Balai Layanan Anak Berkebutuhan Khusus Balikpapan Luncurkan 'Ayah Bisa'

  • IBUKOTAKINI.COM - Program 'Ayah Bisa' bermanfaat mempersingkat waktu terapi sehingga mengurangi beban biaya, tenaga waktu dari orang tua.
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Unit Pelaksana Teknis Dinas atau UPTD Balai Layanan Anak Berkebutuhan Khusus Kota Balikpapan, hari ini, Sabtu, 19 Agustus 2023 meluncurkan program ‘Ayah Bisa’. Program ini merupakan bagian dari aksi perubahan dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran ayah tentang kebutuhan khusus anak-anak mereka.

Kepala UPTD Balai Layanan Anak Berkebutuhan Khusus Kota Balikpapan, dr Fatimah dalam pengantar Rancangan Aksi Perubahan ‘Ayah Bisa’ menyebut keterlibatan aktif seorang ayah, dapat menciptakan perubahan yang signifikan dan memberikan dampak positif dalam proses terapi anak.

Menurut dr Fatimah, baik UPTD Balai Anak Berkebutuhan Khusus maupun anak dan keluarganya mendapatkan manfaat positif dalam pelibatan seorang ayah. “Manfaat untuk internal (UPTD Balai Anak Berkebutuhan Khusus) yaitu petugas kesehatan lebih mudah melakukan proses terapi sehingga anak cepat menyelesaikan target terapi."

"Manfaat kedua membantu dalam mengembangkan kompetensi yang lebih baik dalam memberikan dukungan dan bimbingan serta skill berkomunikasi kepada orangtua terutama ayah,” tulis dr Fatimah. 

BACA JUGA:

Sementara manfaat yang diperoleh orangtua dan anak antara lain  mempersingkat waktu terapi sehingga mengurangi beban biaya, tenaga waktu dari orang tua. Kedua, anak-anak merasa mendapat dukungan secara emosional, fisik, dan psikologis secara lebih lengkap. Ketiga, ayah mendapat pengetahuan yang lebih baik tentang strategi perawatan, teknik intervensi. 

Kemudian perubahan sosial dan persepsi yaitu mengurangi stigma dan diskriminasi terhadap anak-anak dengan disabilitas dalam masyarakat, serta mendorong pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya peran ayah dalam perawatan dan perkembangan anak.

dr Fatimah menyebutkan, tujuan program ‘Ayah Bisa’ yang diluncurkan UPTD Balai Layanan Anak Berkebutuhan Khusus antara lain membantu ayah mengembangkan keterampilan parenting, mendorong ayah terlibat aktif dalam perawatan anak disabilitas, juga mendorong kolaborasi antara ayah, ibu, guru, terapis, dan pihak terkait lainnya dalam merencanakan dan memberikan layanan terbaik. 

BACA JUGA:

“Sedangkan tujuan jangka panjang untuk mencapai kesetaraan peran antara ayah dan ibu dalam merawat dan mendukung perkembangan, dan mempercepat proses terapi sehingga mengurangi waktu tunggu antrian pasien lain,” jelasnya. 

Diakui dr Fatimah, masih ada berbagai tantangan yang dihadapi UPTD Balai Layanan Anak Berkebutuhan Khusus Balikpapan, yakni masih banyak pasien yang belum terlayani atau pasien masih dalam antrian). “Kemdian pelayanan yang belum terintegrasi, pasien sering absen terapi serta dukungan dan keterlibatan keluarga terutama ayah yang belum optimal,” pungkasnya. ***