Kabar Ibu Kota

Balikpapan Berharap Tahun Depan Meraih Predikat Utama Menuju KLA

  • IBUKOTAKINI.COM – Kota Balikpapan berhasil mempertahankan penghargaan Predikat Nindya Menuju Kota Layak Anak (KLA) di tahun 2021 ini. Pada tahun lalu, Balikpapa
Kabar Ibu Kota
Admin

Admin

Author

IBUKOTAKINI.COM – Kota Balikpapan berhasil mempertahankan penghargaan Predikat Nindya Menuju Kota Layak Anak (KLA) di tahun 2021 ini. Pada tahun lalu, Balikpapan telah mendapatkan Predikat Nindya Menuju KLA. 

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengapresiasi kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Karena berhasil mempertahankan penghargaan predikat Nindya. 

“Kita mengapresiasi bisa dapat Nindya, tahun sebelumnya (2019) juga kita dapat. Dan mampu mempertahankannya,” jelasnya pada Kamis (29/07/2021).

Dia pun berharap pada tahun depan predikat menuju KLA dapat ditingkatkan menjadi Utama. Mengingat pada tahun ini ada empat daerah yang berhasil meraih predikat utama menuju KLA. 

“Ada Surabaya, Yogyakarta, Surakarta maupun Denpasar. Karena itu, kita berharap tahun depan bisa naik kategori utama. Insya Allah kekurangan-kekurangan akan kita lengkapi, karena ada beberapa faktor,” ungkap Rahmad Mas’ud.

Beberapa yang menjadi indikator kekurangan Balikpapan akan dibenahi dan dilengkapi mulai dari pendidikkan anak putus sekolah, kesehatan anak dan perkawinan anak.

Sementara itu, dalam data yang diperolehnya masih ada 7 persen anak di Balikpapan yang belum memiliki akte kelahiran anak. Melihat kondisi itu, RT dan kelurahan akan dilibatkan untuk mempercepat proses pengurusan akte kelhiran anak.

“Saya pikir itu bisa diperbaiki dengan melibatkan Pak RT karena kan kita juga memberikan bantuan ke Pak RT dana operasional ada tentu diseleraskan dengan Kelurahan,” tukas dia.

Disisi lainya, targetnya tidak ada lagi anak putus sekolah atau tidak sekolah. Karena tahun depan program utamanya sekolah gratis. “Jadi jangan lagi ada anak tidak sekolah,” ujarnya.

Sementara Satgas Anak juga diharapkan, ikut membantu mempercepat indikator yang beloum terpenuhi. “Itulah tentunya yang kita harapkan satgas tetap bergerak bersinergi,” tutup Rahmad Mas’ud.