Balikpapan Fest 2024 Resmi Dibuka pada Kamis malam, 26 September 2024 di Dome Balikpapan, Angkat Tema “Nusantara Creative”
Ekbis

Balikpapan Fest 2024 Resmi Dibuka, Angkat Tema “Nusantara Creative”

  • Tahun ini, Balikpapan Fest menargetkan 20 ribu kunjungan, meningkat sekitar 10 persen dari tahun sebelumnya, dengan pendapatan yang diharapkan mencapai Rp 4 miliar.
Ekbis
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN – Balikpapan Fest 2024 resmi dibuka oleh Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Balikpapan, Ahmad Muzzakir, pada Kamis malam, 26 September 2024. Acara yang digelar di Gedung Balikpapan Sport and Convention Center (BSSC) Dome ini berlangsung hingga 29 September 2024, dengan tema “Nusantara Creative”.

Acara tersebut diikuti oleh 106 tenant yang menawarkan berbagai produk kreatif dari sektor seni, budaya, dan pariwisata. Ini adalah kali kelima Balikpapan Fest diadakan, dengan anggaran mencapai ratusan juta rupiah.

Tahun ini, Balikpapan Fest menargetkan 20 ribu kunjungan, meningkat sekitar 10 persen dari tahun sebelumnya, dengan pendapatan yang diharapkan mencapai Rp 4 miliar.

“Saya mengucapkan selamat dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata yang telah memprakarsai festival ini,” kata Pjs. Wali Kota Balikpapan Ahmad Muzzakir dalam sambutan pembukanya.

Dia mengatakan, acara ini memberikan ruang bagi generasi muda, seniman, dan pelaku industri kreatif untuk mengekspresikan diri dan menunjukkan bakat mereka di berbagai bidang.

“Tema “nusantara creative” yang diusung dalam festival ini sangat relevan dengan potensi besar yang kita miliki. Nusantara adalah sumber kekayaan budaya yang tidak ternilai,” tandasnya.

BACA JUGA:

Menurutnya, industri kreatif saat ini telah menjadi sektor yang sangat strategis dalam mendorong perekonomian, terutama di tengah tantangan era digital dan globalisasi.

Dengan mengangkat kreativitas lokal yang berpadu dengan teknologi modern, bisa menciptakan peluang baru yang dapat memajukan sektor ekonomi kreatif di Balikpapan.

“Hal ini tidak hanya membuka lapangan kerja, tetapi juga memperkuat identitas budaya kita di kancah nasional dan internasional,” ujarnya

Ahmad Muzakkir mengharapkan melalui kegiatan ini, akan lahir karya-karya luar biasa yang menginspirasi dan membawa perubahan positif, tidak hanya bagi balikpapan, tetapi juga bagi indonesia secara keseluruhan.

“Saya juga mengajak para pemuda dan pelaku industri kreatif untuk terus berinovasi dan berkolaborasi. Mari kita manfaatkan momentum ini untuk membangun ekosistem kreatif yang berkelanjutan di Kota Balikpapan, di mana ide-ide baru terus bermunculan dan memberi manfaat bagi masyarakat luas.”

Balikpapan Fest 2024 merupakan bagian dari program Karisma Event Nusantara (KEN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemneparekraf). 

Dalam pembukaan hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Muhaimin dan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Balikpapan, Ratih Kusuma. Hadir pula Sekretaris Deputi Pemasaran Kemenparekraf, Nova Aristi, Wakil Ketua Komisi X DPR, Hetifah Sjaifudian, serta Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Ririn Sari Dewi. (*)