Kabar Ibu Kota

Balikpapan Gelar Festival Anak Untuk Rayakan Kreativitas Anak

  • BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM—Festival Anak Balikpapan yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Ba
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM—Festival Anak Balikpapan yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Balikpapan menghadirkan Seto Mulyadi atau yang akrab disapa Kak Seto.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud mengatakan festival anak Balikpapan bukan hanya menjadi wadah, untuk mengeksplorasi dan merayakan kreativitas anak, tetapi juga sebagai bentuk komitmen bersama untuk memberikan ruang yang lebih besar, dalam perkembangan positif anak-anak di Kota Balikpapan.

"Anak-anak luar biasa. Jadi ini bagian dari usulan mereka untuk mengadakan kegiatan ini. Kita memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya pada kalian semua. Kalian adalah generasi penerus bangsa kalian adalah generasi emas  tahun 2045," terangnya pada kegiatan Festival Anak di Pentacity Mal Balikpapan pada Minggu (26/11/2023).

Dia melanjutkan, sudah selayaknya kegiatan-kegiatan yang memberikan inovasi dan kreativitas ini diberikan, tentunya mampu membawa Kota Balikpapan di tengah-tengah menjadi penyangga Ibu Kota Negara. 

Pemindahan ibu kota negara di Kalimantan Timur ini bisa mempunyai peranan yang sangat besar, khususnya bagi generasi-generasi penerus. "Ke depannya bisa saja tahun ke depan nanti Presiden lahir dari Kota Balikpapan dan dari forum anak kita. Bisa jadi para menteri, para gubernur juga. Tentunya siapkan diri anda," ujarnya.

Ia berpesan kepada para anak-anak agar jangan sampai bodoh secara spiritual, karena dengan spiritual itulah yang bisa membentengi generasi dari pengaruh apapun, semua pengaruh yang tidak baik atau negatif terhadap anak-anak Kota Balikpapan.

"Saya yakin dan percaya Kota Balikpapan yang dengan kita wujudkan kebersamaan seluruh stakeholder, para tokoh, pengusaha termasuk warga Balikpapan mempunyai komitmen yang sama, untuk mewujudkan Balikpapan sebagai Kota modern yang maju dan sejahtera dalam bingkai Mahdinatul Iman," ujarnya.

Nilai-nilai seperti itulah yang terus tanamkan kepada anak-anak. Begitu juga pentingnya nilai-nilai spiritual ditanamkan di lingkungan pemerintahan termasuk dalam kehidupan sehari-hari. "Kita boleh berbeda agama. Silakan, karena Indonesia mempunyai 6 agama yang diakui," imbuhnya.

Menyampaikan kepada tokoh agama, seperti  pendeta, kyai untuk bisa menerapkan nilai-nilai agama kepada anak-anak. "Saya yakin dan percaya, kalau anak-anak tumbuh dengan cerdas dan beradab. Tentunya beradab itulah yang kita inginkan di generasi emas tahun 2045," pungkasnya.

Pemerintah selalu berkomitmen memberikan fasilitas semua kegiatan yang bermanfaat untuk warga Kota Balikpapan. "Kerja sama seluruh jajaran Pemerintah Kota dapat mencerdaskan kehidupan anak bangsa kita," ungkapnya.

Kepala DP3AKB Kota Balikpapan Alwiati menyampaikan festival anak ini adalah yang pertama kali dilaksanakan dan ini merupakan ide dari forum anak, yang ingin menyampaikan idenya, kreativitas yang bisa ditunjukkan kepada Bapak Wali Kota dan masyarakat Kota Balikpapan.

"Ini bagian dari tugas kita dalam mewujudkan Kota Layak Anak. Kita harus menunjukan pendidikan dan kreativitas kebudayaan. Ini menjadi pemenuhan Kota Layak Anak," sebutnya.

Dalam festival ini menghadirkan 20 talent yang ikut berpartisipasi dari Paud, SLB hingga tingkat SMA. "Mudah-mudahan ini menjadi awal dari kegiatan kita ditahun berikutnya, sehingga kita bisa memenuhi harapan anak untuk bisa menjadi pusat kreativitas anak di Kota Balikpapan," jelasnya.

Festival dirangkai dengan pengukuhan Bunda Forum Anak; Bunda Generasi Berencana, Forum Anak Balikpapan serta Forum Puspa yang diketuai Nurlena Mas'ud dilantik secara langsung oleh Wali Kota Balikpapan. Begitu juga, pengukuhan Bunda Forum Anak Kecamatan Se Kota Balikpapan, yang diketuai masing-masing Ibu camat oleh Bunda Forum Anak Kota Balikpapan Nurlena Mas'ud.