Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Balikpapan Cokorda Ratih Kusuma menjelaskan Balikpapan Jadi Salah Satu Tuan Rumah Kegiatan OIC-CA pada Jumat (7/7/2023)
Kabar Ibu Kota

Balikpapan Jadi Salah Satu Tuan Rumah Kegiatan OIC-CA

  • IBUKOTAKINI.COM – Kota Balikpapan menjadi salah satu daerah yang akan menjamu 312 Delegasi dari 56 Negara yang tergabung dalam Organizati
Kabar Ibu Kota
Bambang Susilo

Bambang Susilo

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Kota Balikpapan menjadi salah satu daerah yang akan menjamu 312 Delegasi dari 56 Negara yang tergabung dalam Organization Islamic Coorporation Cultural Activity (OIC-CA).  

OIC-CA akan berlangsung di dua Provinsi yakni DKI Jakarta, dan Provinsi Kaltim. Di Provinsi Kalimantan Timur terdapat 4 daerah kabupaten dan kota. Di antaranya Samarinda, Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara (PPU) dan Balikpapan.

Delegasi pemuda negara muslim ini dijadwalkan datang pada hari ini, Sabtu (8/7/2023) melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan. Dan sore harinya Menteri Pemuda Olahraga dijadwalkan juga akan hadir dalam kegiatan tersebut. Rencananya Menpora akan datang pada Sabtu sore pukul 15.30 wita pada Sabtu (8/7). 

Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud menyambut baik diadakan OIC -CA di Kaltim termasuk Kota Balikpapan. Setidaknya even internasional ini, kota Balikpapan mendapatkan promosi gratis ke dunia internasional.

“Kebetulan Balikpapan juga dijadikan tuan rumah. Kita besyukur ekonomi juga hidup, UMKM juga baik dan paling penting kita dapat promosi gratis Balikpapan 56 negara,” kata Rahmad, Jumat (7/7/2023).

Karena itu Rahmad berpesan kepada masyarakat Balikpapan semua untuk menjaga keamanan dan kenyamanan. “itu yang paling penting,” tandasnya.

BACA JUGA:

Terpisah, Kepala Dinas Pemuda, Olaharga dan Pariwisata Ratih Kusuma tujuan kunjungan delegasi ke Kaltim yakni memperkenalkan IKN dan promosi budaya, pariwisata dan keharmonisan masyarakat Kaltim.

Ratih menjelaskan selama di Balikpapan, delegasi akan ke Uniba, pesantren Hidayatullah, BIC.

“Harapan OIC CA buat masyarakat ini salah satu upaya bagaimana mempromosikan kota kita baik dari pariwisata, kebudayaan hingga keharmonisan keragaman budaya di Balikpapan,” tuturnya saat rilis bersama Kepala Kominfo Balikpapan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Balikpapan Adamin Siregar menambahkan selama di Balikpapan, delegasi OIC-IC akan melakukan 4 kegiatan.

“Ada di pesantren Hidayatulah, Uniba, Pertamina dan BIC. Masyarakat perlu tau kegiatan ini apalagi yang datang ini even internasional dari 56 negara spesifik pemuda islam,” ujarnya.

Media diharapkan dapat mempublikasi kegiatan ini sehingga kota Balikpapan makin dikenal di luar.

Berdasarkan jadwal, pada hari Selasa (11/7) sore, delegasi akan mengunjungi Ponpres Hidayatullah, Balikpapan Timur sekitar pukul 15.00 wita.

“Untuk kegiatan di pondok Pesantren Hidayatullah itu akan ada interaktif kegiatan pemuda, maupun aktivitas lainya,” tambah Kepala Disporapar Ratih Kusuma.

Selain itu juga mempromosikan ekonomi kreatif karena ada pameran ekraf di Kampus Uniba pada Rabu (12/7) pagi sehingga menjadi promosi dan pemasaran ekonomi kreatif Balikpapan.

” Akan hadir dari Kemenkraf Pariwisata dan Ibu Hetifah Wakil Ketua Komisi X DPR RI,” katanya.

Kemudian pada Kamis (13/7) pagi akan mengunjungi IKN dan penanaman pohon bersama. Sedangkan kegiatan terakhir digelar di Balikpapan Islamic Center pada Kamis malam.

“Closing di BIC kegiatan overall. Jumat pagi kembali ke Jakarta. Itu rangkaiannya,” tambahnya. (Adv)