Kabar Ibu Kota

Balikpapan Jadi Tuan Rumah Rakernas APEKSI XVII, Diawali Launching ICE

  • BALIKPAPAN - Rapat koordinasi melalui zoom meeting bersama Direktur Eksekutif Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), digela
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Rapat koordinasi melalui zoom meeting bersama Direktur Eksekutif Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), digelar pada hari Kamis 15 Februari 2024.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Balikpapan, H. Muhaimin didampingi Asisten I Bidang Tata Pemerintahan Setda Kota Balikpapan, Zulkipli serta Kepala Organisasi Perangkat yang terlibat dalam agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Apeksi 2024, mengikuti zoom meeting, di Ruang VIP Balai Kota Balikpapan.

Kota Balikpapan akan menjadi tuan rumah Rakernas APEKSI. Rakor ini membahas persiapan launching Indonesia City Expo (ICE) yang menjadi rangkaian utama dari Rakernas APEKSI 2024, yang akan digelar pada 29 Februari 2024, di Hotel Novotel Balikpapan.

Dalam rakor tersebut, Sekda Kota Balikpapan Muhaimin menyampaikan rangkaian kegiatan mulai persiapan launching hingga kegiatan Rakernas APEKSI.

BACA JUGA:

"Pihak Disporapar juga telah melakukan koordinasi dengan pihak hotel. Prinsipnya kami sudah siap. Kami sangat setuju, karena mengundang dari kota diluar Balikpapan," jelasnya.

Maka, pada tanggal 28 Februari nanti jajaran sekretariat apeksi akan bertemu dengan Wali Kota Balikpapan dan seluruh kepanitian, untuk persiapan launching.

Rangkaian launching mulai dari pemaparan tuan rumah, pemaparan dari even organizer dan pengambilan nomor urut peserta pawai budaya, yang selama ini menjadi icon kegiatan APEKSI di seluruh kota yang menjadi tuan rumah. "Insyaallah kami mempersiapkan dengan sangat maksimal," ucapnya.

Rencananya Rakernas APEKSI ke XVII akan diselenggarakan pada 3-6 Juni 2024 di Kota Balikpapan, dengan rangkaian kegiatan Rakernas APEKSI meliputi gala dinner, Indonesia City Expo (ICE), pawai budaya, ladies program, Youth City Changers (YCC), pentas seni, city tour, olahraga bersama dan penanaman pohon. 

Dalam rakernas tahun ini berbeda dengan sebelumnya ditengah laut, sekarang akan memperkenalkan kawasan olahraga terpadu. Untuk kegiatan rakernas akan terfokus di Balikpapan Sport Convention Center (BSCC) pada tanggal 4-5 Juni 2024.

Sekda meminta persetujuan kepada wali kota Balikpapan, untuk memilih tema dalam Rakernas ke XVII diantaranya Pemilu Sukes Indonesia maju, Pilkada Sukses Sinergi Membangun Negeri dan Pilkada Sukses Sinergi Untuk Indonesia Maju. "Mudah-mudahan sudah clear sebelum tanggal 29 Februari 2024," terangnya.

Rakernas APEKSI XVII di Kota Balikpapan akan disuguhkan diantaranya fashion show, tarian termasuk kuliner makanan nusantara yang melibatkan UMKM di enam kecamatan.

Asisten I Bidang Tata Pemerintahan Setda Kota Balikpapan, Zulkipli mengatakan persiapan Rakernas APEKSI ke XVII di Kota Balikpapan telah siap. Termasuk, persiapan launching Indonesia City Expo yang akan digelar lebih dahulu dari Rakernas APEKSI. 

"Semua panitia daerah akan kita undang pada launching dan wali kota akan ekspos untuk rakernas APEKSI di bulan Juni 2024," terangnya.

Dinas yang terlibat dalam kegiatan APEKSI telah  mempersiapkan, seperti Disdikbud akan mengkoordinasikan pawai budaya, Disporapar yang akan melaksanakan youth city changers dan lainnya. (*)