Kabar Ibu Kota

Balikpapan Masih Berpotensi Hujan Lokal

  • BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM—Wilayah Balikpapan masih berpotensi mengalami hujan yang bersifat lokal di tengah cuaca panas akibat fenomena El Nino.Koordinator Bi
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM—Wilayah Balikpapan masih berpotensi mengalami hujan yang bersifat lokal di tengah cuaca panas akibat fenomena El Nino.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Diyan Novirda mengatakan Balikpapan masih terdampak El Nino, meskipun lemah.

"Sesuai analisis dinamika atmosfer masih dalam El Nino lemah. Untuk wilayah Balikpapan masih berpotensi terjadi hujan yang bersifat lokal. Cuaca panas masih terjadi," katanya, Senin (28/8/2023).

Sebagaimana diketahui, fenomena El Nino bisa menyebabkan cuaca panas berkepanjangan. Cuaca panas yang berkelangsung panjang bisa mengakibatkan kekeringan panjang dan yang paling berbahaya ialah kebakaran hutan maupun kebakaran pemukiman padat penduduk. 

Tak hanya di darat, di laut pun juga di bulan Agustus ini kencang membahayakan kapal kecil seperti nelayan maupun kapal yang menbawa penumpang dari Balikpapan ke Penajam juga berbahaya.  

“Masyarakat harus tetap waspada dan memantau informasi resmi BMKG [Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika,” ujar Diyan. (dra)