Balikpapan Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik Terbaik
Balikpapan

Balikpapan Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik Terbaik

  • Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas upaya Balikpapan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, yang semakin krusial mengingat perannya sebagai gerbang utama investasi di Kalimantan Timur, terutama menjelang pemindahan ibu kota negara (IKN).
Balikpapan
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan kembali menorehkan prestasi gemilang dengan meraih penghargaan sebagai penyelenggara inovasi pelayanan publik terbaik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB). 

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri PAN RB, Azwar Anas, kepada Pjs Wali Kota Balikpapan, Ahmad Muzakkir, yang didampingi oleh Sekda Kota Balikpapan Muhaimin, Kepala Bappeda Murni, dan Kepala DPMPTSP Balikpapan Hasbullah Helmi dalam acara Gebyar Pelayanan Publik di Jakarta, Selasa 8 Oktober 2024. 

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas upaya Balikpapan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, yang semakin krusial mengingat perannya sebagai gerbang utama investasi di Kalimantan Timur, terutama menjelang pemindahan ibu kota negara (IKN).

"Penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan. Akselerasi menjadi kunci, terutama karena Balikpapan kini menjadi pintu masuk bagi para pelaku usaha yang membutuhkan kemudahan dalam urusan perizinan," kata Ahmad Muzakkir. 

Ia menegaskan bahwa pelayanan publik harus lebih cepat dan efisien, sejalan dengan kebutuhan masyarakat dan dunia usaha yang semakin dinamis. Beberapa tantangan baru yang akan dihadapi Balikpapan sebagai kota transit bagi ASN yang akan dipindahkan ke IKN. 

BACA JUGA:

"Kami harus siap dalam segala aspek, mulai dari transportasi hingga kebutuhan sehari-hari. Ini menjadi peluang sekaligus tantangan, baik dari segi pertumbuhan ekonomi maupun dampak sosial lainnya," tambahnya.

Selain itu, Sekda Kota Balikpapan, Muhaimin, menyoroti pentingnya penerapan pelayanan digital yang telah berjalan melalui Mal Pelayanan Publik (MPP). 

"Pelayanan publik digital di Balikpapan sudah berjalan dengan baik. Penghargaan ini semakin memperkuat komitmen kami untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ujar Muhaimin. 

Dalam kegiatan tersebut Kemenpan RB total memberikan 106 penghargaan kepada kementerian, lembaga pemerintah, pemerintah provinsi kabupaten, dan kota di Indonesia atas komitmen dan usaha dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Penghargaan meliputi kategori pembinaan pelayanan publik ramah kelompok rentan, evaluasi kinerja pelayanan publik dan Pemantauan Keberlanjutan dan Replikasi Inovasi Pelayanan Publik (PKRI). (Adv/Diskominfo Balikpapan)