Balikpapan Raih Penghargaan Kota Terbaik dalam TP2DD 2024
Balikpapan

Balikpapan Raih Penghargaan Kota Terbaik dalam TP2DD 2024

  • Selain Balikpapan, beberapa kota lain yang juga meraih penghargaan TP2DD di antaranya Medan, Semarang, Manado, dan Kupang.
Balikpapan
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN - Balikpapan kembali mencatat prestasi gemilang di kancah nasional dengan meraih penghargaan sebagai Kota Terbaik tingkat kota wilayah Kalimantan dalam Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) 2024.  

Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan Balikpapan dalam melakukan digitalisasi pelayanan sepanjang tahun 2024. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, di Jakarta pada Senin, 23 September 2024.

Selain Balikpapan, beberapa kota lain yang juga meraih penghargaan TP2DD di antaranya Medan, Semarang, Manado, dan Kupang. Tak hanya kota, lima provinsi juga mendapatkan penghargaan serupa, yakni Kalimantan Selatan (Kalsel), Riau, Sulawesi Selatan (Sulsel), dan Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Sementara itu, beberapa kabupaten seperti Manggarai Barat, Kutai Kertanegara (Kukar), Kampar, Buleleng, dan Sidenreng Rappang turut mendapat apresiasi atas digitalisasi layanan daerahnya.

Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang mewakili Presiden Joko Widodo. Dalam sambutannya, Wali Kota Rahmad Mas’ud menyampaikan rasa syukur dan kebanggaannya atas penghargaan yang diterima.

BACA JUGA:

"Alhamdulillah, saya menerima penghargaan ini. Sebenarnya penghargaan akan diserahkan oleh Presiden Jokowi, namun beliau berhalangan karena sedang meresmikan smelter di Indonesia Timur," ujar Rahmad Mas'ud setelah menerima penghargaan tersebut dalam sebuah acara di Swissbell Hotel, Balikpapan, Senin malam.

Ia menegaskan komitmen Pemerintah Kota Balikpapan untuk terus mengikuti perkembangan teknologi digital demi memajukan pelayanan publik.

"Kami berkomitmen mengikuti perkembangan dunia, dan seiring dengan kemajuan digital, Balikpapan selalu menjadi yang terdepan dalam memajukan kota kita," tambahnya.

Penghargaan TP2DD merupakan bentuk apresiasi atas upaya pemerintah daerah dalam mempercepat transformasi digital, yang diharapkan mampu meningkatkan efisiensi pelayanan publik dan memacu pertumbuhan ekonomi lokal. ***