Balikpapan Terang, Pemkot Balikpapan Targetkan 1.725 PJU Terpasang Tahun 2023
Kabar Ibu Kota

Balikpapan Terang, Pemkot Balikpapan Targetkan 1.725 PJU Terpasang Tahun 2023

  • IBUKOTAKINI.COM – Menjadikan Balikpapan terang salah satu program Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Perhubungan. Untuk menerangi kota dan tid
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Menjadikan Balikpapan terang salah satu program Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Perhubungan. Untuk menerangi kota dan tidak membahayakan pengendara maupun pengguna jalan, Dinas Perhubungan Balikpapan menargetkan 1.725 Penerangan Jalan Umum terpasang. 

Kepala Dishub Kota Balikpapan, Adwar Skenda Putra mengatakan ada lebih dari 1.725 PJU yang dipasang tahun 2023 ini. 

“Pemasangan PJU dari tiang hingga lampu. Dan dilakukan penataan PJU pada kawasan jalan jenderal Sudirman maupun Jalan Marsma Iswahyudi,” ungkapnya saat dijumpai Kamis 26 Oktober 2023.

Dari 1.725 tersebut 90 persen lebih telah terpasang memasuki triwulan ke IV-2023.

“Kemudian jalan Kilometer 13 jalan Soekarno Hatta, Mulawarman, jalan Indrakila. Ditambah permohonan di lingkungan masyarakat yang memohon dari Tahun 2022 sekitar 800 pemohon,” katanya.

Adapun anggaran untuk pemasangan PJU tahun 2023 berasal dari APBD Kota Balikpapan sekitar Rp 25 miliar dan Bantuan Keuangan Provinsi berjumlah Rp 13 miliar.

BACA JUGA:

Adwar Skenda Putra mengatakan bahwa untuk di lingkungan masyarakat di atas jalan 4 meter. Dan sebelum merealisasikan dilakukan survei terlebih dahulu apakah kewenangan Disperkim atau Kecamatan.  

“Kalau di atas jalan 4 meter masih bisa dicover. Contoh tahun ini permohonan PJU baru sudah tembus 300 pemohon. Tetapi kalau lampu mati sepanjang kendaraan operasional masuk kami ganti langsung. Kalau Dishub tujuannya ini dalam rangka keselamatan lalu lintas,” ujarnya. 

Ia menambahkan pada tahun depan direncanakan pergantian tiang PJU di beberapa titik karena beberapanya sudah keropos sehingga mudah rebah. “Kalau diganti nanti kami lihat juga dari estetiknya,” ungkapnya. 

Program Balikpapan Terang yang diusung Dishub, sampai tahun 2022 lalu telah memfasilitasi pemasangan PJU dengan total 15.841 unit. Tahun 2023 ini, penuntasan program akan dilaksanakan dengan menambah dan mengubah beberapa PJU yang ada. Nampak apabila malam hari sepanjang jalan Jenderal Sudirman atau Protokol Balikpapan terlihat lebih terang dan estetik. (*)