Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud saat menerima bantuan dari Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kaltim, Agus Tianur, di Halaman Kantor BPBD Balikpapan, pada hari Rabu (27/12/2023)
Kabar Ibu Kota

Balikpapan Terima Bantuan Peralatan dan Logistik Penanggulangan Bencana

  • BALIKPAPAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan menerima Bantuan Peralatan dan Logistik Penanggulangan Bencana dari Pelaksana BPBD Provinsi Kaltim.
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan menerima Bantuan Peralatan dan Logistik Penanggulangan Bencana dari Pelaksana BPBD Provinsi Kaltim.

Penyerahan dilakukan secara simbolis dari Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kaltim, Agus Tianur kepada Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud, di Halaman Kantor BPBD Balikpapan, pada hari Rabu (27/12/2023).

Wali Kota Balikpapan mengucapkan terima kasih kepada Kepala BPBD Provinsi Kaltim, yang telah memberikan bantuan kepada relawan Kota Balikpapan. "Saya juga ucapkan terima kasih kepada relawan Kota Balikpapan. Anda sangat luar biasa," ucapnya.

Kota Balikpapan saat ini memasuki musim hujan, tentunya rawan bencana khusunya didaerah perbukitan. 

"Kita terus mengingatkan kepada mereka dan selalu mengantisipasi kemungkinan yang tidak kita inginkan terjadi," terangnya.

BACA JUGA:

Dengan bantuan ini sebagai bentuk komitmen bersama untuk selalu peduli dengan Kota Balikpapan, terkhusus Provinsi Kaltim dengan memberikan fasilitas kepada relawan Kota Balikpapan, sehingga ini menjadi motivasi dan semangat untuk terus peduli kepada Kota Balikpapan.

"Yakinlah kita tidak usah mengharapkan sesuatu, apa yang kita lakukan sepanjang itu bermanfaat bagi masyarakat. Allah SWT akan membalas semua nantinya," ungkapnya.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kaltim, Agus Tianur mengatakan bantuan yang diberikan diantaranya selimut, tempat tidur lipat, bantal dan guling sebanyak 300 buah, kasur lipat berjumlah 94 buah, chenso sebanyak enam unit, lampu multifungsi dan lainnya.

"Cukup banyak bantuan yang kita berikan. Ini permohonan Bapak Wali kepada kami. Alhamdulillah sebagian sudah bisa kita bantu," ujarnya.

Bantuan ini diberikan kepada relawan bukan BPBD dan bantuan ini tidak semua Katana  mendapatkan bantuan yang sama, tergantung dari kebutuhannya.

"Ini milik masyarakat Balikpapan yang kita titipkan kepada relawan, ketika ada bencana terjadi, minimal bisa kita bantu dengan peralatan yang kita berikan," katanya.

Bantuan ini juga diberikan kepada Kabupaten Kota di Provinsi Kaltim. Namun, untuk relawan Kota Balikpapan baru pertama kali diberikan.

Salah satu Ketua Kelurahan Tangguh Bencana (Katana) dari Kelurahan Gunung Samarinda, Suripno mengucapkan terima kasih atas bantuan yang pertama kali diberikan ini Katana Gunung Samarinda.

"Ini sangat bagus sekali. Kita menyiapkan sebelum itu terjadi, daripada terjadi baru ada bantuan. Kita sebagai pemegang amanah ini akan dijaga sesuai dengan SOP yang ada," ujarnya.

Menurutnya yang paling penting itu, adalah pelampung karena Kelurahan Gunung Samarinda rawan banjir. Termasuk, kemah dan terpal. "Kita akan usulkan kembali," katanya.

Adapun Katana yang mendapatkan bantuan secara simbolis yakni Katana Manggar Kecamatan Balikpapan Timur, Katana Baru Ilir Kecamatan Balikpapan Barat, Katana Karang Rejo Kecamatan Balikpapan Tengah, Katana Gunung Samarinda Kecamatan Balikpapan Utara, Katana Damai Bahagia Kecamatan Balikpapan Selatan, Katana Prapatan Kecamatan Balikpapan Kota, Muhammadiyah Disaster Management Centre Kota Balikpapan, PMI Kota Balikpapan dan Senkom Mitra Polri Kota Balikpapan.