dr. Andi Sri Juliarty
Kabar Ibu Kota

Balikpapan Terpilih Sebagai Kota Sehat Tahun 2023

  • BALIKPAPAN – Kota Balikpapan tahun ini berhasil terpilih menjadi Kota Sehat. Penghargaan kota sehat kembali digelar setelah sempat terhenti dua tahu
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Kota Balikpapan tahun ini berhasil terpilih menjadi Kota Sehat. Penghargaan kota sehat kembali digelar setelah sempat terhenti dua tahun terjadi Covid-19. Penilaian Kabupaten Kota sehat ini dilaksanakan setiap 2 tahun sekali dengan penilaian 9 indikator tatanan. Di mana 9 indikator tersebut berkaitan dengan pilar-pilar pembangunan kota. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, dr. Andi Sri Juliarty menjelaskan bahwa dari 514 kabupaten kota ada 136 kabupaten kota yang menerima penghargaan kota sehat.  Ada 9 indikator tatanan yang harus dipenuhi yakni tatanan masyarakat sehat mandiri di tingkat kelurahan, kecamatan aktif menjaga kesehatan secara mandiri.

“Kedua tatanan pendidikan yakni bagaimana lingkungan sekolah sehat melalui UKS. Tatanan pasar menciptakan pasar sehat, tatanan transportasi, yakni mengupayakan angka kecelakaan menurun,” terangnya pada Rabu 29 November 2023. 

Adapun tatanan lainnya adalah tatanan rumah ibadah yang sehat dan tatanan pariwisata sehat hingga penanganan bencana.

BACA JUGA:

“Jadi sangat luas dan ini penilaian yang sangat berat bagi kita. Satu lagi bagaimana tiap keluarga di keluhan ini memiliki jamban sehat atau indikator ODF. Diketahui Balikpapan daerah berbukit, pantai itu memang agak sulit ada yang sulit buat jamban sehat sehingga teknologi,” sebutnya.

Ia pun menyampaikan beberapa indikator yang harus terus dijaga. Di Balikpapan terdapat forum kota sehat yang di dalamnya terdapat orang-orang yang punya pengalaman di setiap tatanan.

“Mereka bantu kami untuk mengawasi menjaga dan mencari solusi terkait 9 tatanan ini. Pesan kami mari kita ambil hikmah besar covid itu bencana kesehatan yang bisa menghentikan semua roda ekonomi, pendidikan pekerjaan. Mari kita jaga budaya perilaku hidup sehat agar bencana kesehatan tidak terjadi lagi,” tukasnya.

Sebagai informasi, tidak hanya Balikpapan yang terpilih sebagai Kota Sehat. Namun di Provinsi Kalimantan Timur ada Kota Samarinda, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Berau yang juga terpilih Kota Sehat. (*)