Balikpapan siap menjadi tuan rumah HKG 2022. Ilustrasi: Ketua PKK Balikpapan Nurlena Rahmad Mas'ud menyematkan pin kepada peserta usai mengikuti IVA Test didampingi Siti Aminah dari YKI Balikpapan, Selasa (26/10/2021). Foto: Ferry Cahyanti/ Ibukotakini.com
Kabar Ibu Kota

Balikpapan Tuan Rumah HKG 2022

  •  IBUKOTAKINI.COM - Kota Balikpapan siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Ke-50 2022 yang akan dirangkai Bulan Bakti Gotong
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM - Kota Balikpapan siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Ke-50 2022 yang 
akan dirangkai Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-19.

Acara ini untuk pertama kalinya digelar setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19. HKG Ke-50 akan digelar pada 1-3 Agustus 2022 dan dipusatkan di Balikpapan Sport anda Convention Center (BSCC).  

Ketua TP PKK Kota Balikpapan Nurlena Rahmad Mas’ud yang akan bertindak selaku tuan rumah menegaskan kesiapannya menyelenggarakan kegiatan itu.

“Insyaallah Balikpapan sudah siap. Kami sangat bersyukur karena akhirnya, HKG bisa kita laksanakan. Selain acara puncak, nanti juga akan ada kegiatan penanaman jahe Balikpapan di Kebun Raya Balikpapan. Ada juga 11 stan pameran dari UP2K seluruh kabupaten dan provinsi. Di akhir rangkaian acara kami siapkan trip ke Teluk Balikpapan,” ujar Nurlena.

Wakil Ketua I TP PKK Kaltim Erni Makmur Hadi Mulyadi menjelaskan TP PKK bersinergi menyukseskan program-program pemerintah.

“TP PKK di semua tingkatan akan terus berupaya memberikan kontribusi terbaik dengan pemberdayaan keluarga dan program-program yang selaras dengan program pemerintah, termasuk untuk mendukung pemindahan ibu kota negara dan penganganan stunting,” kata Erni Makmur dikutip dari keterangan resmi Pemprov Kaltim, Selasa (26/7/2022).

Erni berharap digelarnya kembali HKG dan BBGRM, kegiatan PKK akan semakin menggeliat dan menggelora untuk menyukseskan 10 program PKK. Forum silaturahmi ini juga diharapkan membantu memberikan motivasi kepada seluruh kader yang tersebar di 10 kabupaten dan kota di Kaltim.

“Setelah dua tahun tanpa HKG, tentunya kami berharap selain motivasi juga ada tambahan informasi serta menguatkan PKK. Saya berharap PKK semakin membumi lagi ke semua daerah,” tambah Erni Makmur.

Khusus untuk menyambut kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN), Erni mengajak seluruh kabupaten dan kota memaksimalkan diri dan menjadikan ajang ini untuk mempromosikan Kaltim.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim Syirajuddin sangat mengapresiasi eksistensi PKK dalam pemberdayaan keluarga di tahun emas HKG.

“PKK Kaltim tetap melakukan kegiatan meski alokasi anggaran belum maksimal karena pandemi Covid-19. Misalnya, dasa wisma, posyandu dan penanganan stunting. PKK terus bergerak. Luar biasa sekali PKK dalam membantu pencapaian visi misi gubernur. Sebagai pemerintah, kami akan terus mendorong dan bermitra,” ungkap Syirajuddin.