bank bjb Jalin Kolaborasi dengan Perumda Tirta Manuntung Balikpapan
Bisnis

bank bjb Jalin Kolaborasi dengan Perumda Tirta Manuntung Balikpapan

  • IBUKOTAKINI.COM - bank bjb dan PDAM Tirta Manuntung Balikpapan menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) mengenai layanan penerimaan pembayaran tagihan air minum d
Bisnis
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - bank bjb dan PDAM Tirta Manuntung Balikpapan menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) mengenai layanan penerimaan pembayaran tagihan air minum dan penyaluran kredit retail pada Selasa, 9 Mei 2022 di Balikpapan. Penandatanganan PKS ini merupakan tindak lanjut dari MoU pemanfaatan produk dan jasa layanan perbankan yang telah ditandatangani pada tanggal 2 Februari 2023.

Adapun PKS tersebut mencakup kerja sama antara kedua belah pihak terkait layanan pembayaran tagihan air minum. Sehingga, diharapkan pelanggan dapat memiliki opsi pembayaran tagihan air minum yang lebih mudah dan praktis via layanan bank bjb.

Selain itu, PKS antara bank bjb dan Perumda Tirta Manuntung Balikpapan juga mencakup penyaluran kredit retail. Sehingga, karyawan PDAM dapat memiliki kemudahan pilihan untuk mendapatkan suku bunga pinjaman yang lebih kompetitif dari bank bjb.

Seremonial peluncuran pembayaran tagihan air PDAM tersebut dilakukan secara live pada hari yang sama melalui beberapa channel pembayaran bank bjb, yaitu mobile banking (bjb DIGI), internet banking (bjb NET), dan ATM bank bjb.

Penandatanganan PKS dilaksanakan oleh Pjs. Direktur Utama PDAM Tirta Manuntung Balikpapan Agus Budi Prasetyo dan Pemimpin bank bjb Cabang Balikpapan, Einz Rayviert Ohndy. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Balikpapan Andi Muhammad Yusri Ramli, mewakili Wali Kota Balikpapan.

BACA JUGA:

Dalam kesempatan tersebut, Agus Budi Prasetyo mengatakan bahwa kerja sama antara kedua belah pihak bertujuan untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada pelanggan. Sehingga, pelanggan memiliki pilihan yang lebih banyak dalam melakukan pembayaran tagihan.

“Sedangkan kerjasama penyaluran kredit retail bagi karyawan PDAM bertujuan untuk memberikan kemudahan pilihan dalam mendapatkan suku bunga pinjaman yang lebih kompetitif," ungkap Agus.

Sementara itu, Einz Rayviert Ohndy mengatakan bahwa kerja sama tersebut adalah wujud kolaborasi yang mendukung kemudahan akses bagi masyarakat Balikpapan. Kini, pelanggan tidak perlu lagi antre membayar rekening air di loket pembayaran atau PPOB, cukup ke ATM terdekat atau fasilitas mobile banking (bjb DIGI).

"Syaratnya pun mudah, masyarakat hanya perlu menjadi nasabah bank bjb dan langsung dapat melakukan pembayaran tagihan PDAM melalui chanel digital bank bjb, tak perlu lagi antre," ungkap Einz.

Kolaborasi ini pun disambut baik oleh Pemerintah Kota Balikpapan. Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Balikpapan Andi Muhammad Yusri Ramli berharap kolaborasi antara bank bjb dan Perumda Tirta Manuntung Balikpapan dapat memudahkan masyarakat dalam melaksanakan kewajibannya.

"Kerjasama ini merupakan langkah yang tepat untuk memasuki era digitalisasi 4.0. Kebutuhan air bersih merupakan kebutuhan pokok yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak. Dari kerjasama ini, PDAM dan bank bjb Cabang Balikpapan memberikan lebih banyak pilihan sehingga memudahkan pelanggan dalam membayar tagihan," ungkap Andi.

Senada dengan hal tersebut, Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto berharap kolaborasi antara kedua belah pihak dapat memberikan kemudahan layanan bagi masyarakat. Di samping itu, layanan kredit retail bagi karyawan Perumda Tirta Manuntung Balikpapan juga diharapkan dapat memberi maslahat bagi penggunanya.

"Langkah kerjasama ini merupakan salah satu wujud komitmen perusahaan dalam memberikan layanan terbaik untuk masyarakat dan seluruh pihak melalui digitaisasi dan kemudahan akses layanan perbankan," ungkap Widi. ###