Bank Indonesia Catat Transaksi QRIS di Balikpapan Capai Rp115 Miliar
Ekonomi

Bank Indonesia Catat Transaksi QRIS di Balikpapan Capai Rp115 Miliar

  • IBUKOTAKINI.COM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menghimpun periode Januari – Agustus 2023 total transaksi nontunai Alat Pembayar
Ekonomi
emylmaulana

emylmaulana

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menghimpun periode Januari – Agustus 2023 total transaksi nontunai Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) sebesar Rp267 miliar dengan volume transaksi mencapai 557 ribu transaksi. 

Kota Balikpapan memiliki kontribusi mencapai 41% dari total transaksi di Provinsi Kalimantan Timur, sedangkan untuk transaksi QRIS di wilayah Balikpapan mencapai Rp 115 miliar, atau 49,3% dari seluruh total transaksi QRIS yang tercatat di Provinsi Kalimantan Timur. 

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, R. Bambang Setyo Pambudi mengungkapkan adanya peningkatan transaksi ini tidak terlepas dari upaya dan sinergi yang dilakukan oleh berbagai pihak di Kota Balikpapan. 

“Salah Satunya adalah implementasi layanan parkir non-tunai di area Balikpapan Super Block (BSB), dan sejak tanggal 17 September 2023 sudah diberlakukan pembayaran 100% non-tunai,” ungkapnya dalam acara Gerbang UMKM yang berlangsung di Balikpapan Superblock pada Sabtu, 16 September 2023. 

Dalam rangka implementasi layanan parkir 100% non-tunai di BSB, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan mendukung inisiatif pengelola BSB tersebut melalui penyediaan booth penjualan kartu UE dan layanan top-up saldo di area BSB yang beroperasi pada tanggal 14 – 24 September 2023. 

BACA JUGA:

“Kegiatan tersebut turut didukung oleh 4 perbankan yakni Bank Mandiri, BNI, BCA dan BRI. Sebelumnya, pada tanggal 10 – 24 Agustus 2023, telah dilakukan upaya serupa untuk mempersiapkan masyarakat, khususnya pengunjung BSB, terhadap kebijakan 100% parkir non-tunai yang efektif diterapkan mulai 17 September 2023,” ujarnya. 

Sedangkan acara seremonial launching pembayaran parkir 100% non-tunai di BSB sudah dilakukan pada tanggal 16 September 2023 bersamaan dengan pembukaan acara “Gerbang UMKM” yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Balikpapan.

Ia menilai, BSB ini merupakan pusat perbelanjaan yang telah menjadi salah satu point of interest masyarakat di Kota Balikpapan sehingga implementasi parkir 100% non tunai di area BSB tentunya menjadi sangat strategis dalam melengkapi ekosistem pembayaran non tunai khususnya yang menggunakan Kartu Uang Elektronik. 

“Besar harapan kami dengan semakin luasnya ekosistem pembayaran non tunai, inklusi keuangan di Kota Balikpapan dapat lebih didorong dan diperluas lagi sehingga kedepan, seluruh lapisan masyarakat dapat memiliki akses yang lebih baik terhadap layanan dan fasilitas keuangan,” ujarnya.