Ilustrasi PNS
Kabar Ibu Kota

Banyak Pegawai Pensiun, Kaltim Pertahankan Pegawai Non-ASN

  • IBUKOTAKINI.COM - Banayak tenaga ASN berkurang karena memasuki masa pensiun dan meninggal dunia.
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM - Asisten Administrasi Umum Sekda Provinsi Kaltim Riza Indra Riadi menegaskan sikap Gubernur Isran Noor yang tetap kokoh soal tenaga honor atau pegawai non-ASN di instansi pemerintah. Tidak ada penghapusan non-ASN di Kaltim.

"Untuk adik-adik non-ASN tetap bekerja dengan baik dan tetap fokus. Apapun yang terjadi Pak Gubernur kita akan memperjuangkan agar semuanya tetap non-ASN. Tidak ada penghapusan," kata Riza Indra Riadi, dalam pernyataan yang dikutip Senin, 18 November 2022.

Opsi penghapusan tenaga honor pemerintah sangat sulit dilakukan lanjut Riza, sebab kerja administrasi pemerintahan sebagian besar masih dilakukan oleh tenaga honor atau non-ASN untuk membantu para ASN.

Di Kaltim sendiri sambung Riza, setiap tahun ada saja pegawai yang pensiun. Sementara pemerintah pusat tidak memberi kuota untuk pengisian jabatan yang ditinggalkan oleh ASN yang pensiun.

Formasi CPNS hanya disiapkan untuk tenaga pendidikan (guru) dan tenaga kesehatan.

Jika rencana penghapusan itu diwujudkan, maka daerah akan semakin sulit. Sebab tenaga ASN yang terus berkurang karena pensiun dan meninggal dunia, bukan diisi kembali dengan ASN baru justru dikurangi dengan penghapusan non-ASN dengan alasan penyederhanaan.

"Jadi beruntunglah non-ASN di Kaltim karena Pak Gubernur akan terus berjuang. Apapun yang terjadi," tandasnya. ###