Toyota Fortuner, raja high SUV di Kalimantan.
Ekbis

Banyak Sultan di Kalimantan, Fortuner Laku 100 Unit Per Bulan

  • Fortuner klaim pangsa pasar mencapai 78 persen.
Ekbis
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM  — Orang Kalimantan banyak Sultan! Hal ini terungkap dari penjualan mobil-mobil mewah di wilayah ini. 

Data terbaru ditunjukkan Toyota Astra Motor terhadap penjualan high SUV nya, Toyota Fortuner. 

Toyota Fortuner terus menunjukkan dominasinya di pasar Kalimantan, terutama di Kalimantan Timur. 

Berdasarkan data yang disampaikan Ary Hutomo, Sales Area Coordinator dari Toyota Astra Motor (TAM), penjualan SUV kelas tinggi ini mencapai 100 unit per bulan di wilayah Kalimantan, dengan market share mencapai 65% untuk kategori SUV di Kalimantan Timur.

"Kalimantan Timur merupakan salah satu pasar terbesar untuk produk Toyota Fortuner, dengan komposisi pasar high SUV di wilayah ini mencapai 45%," ujar Ary saat peluncuran produk terbaru Fortuner di Balikpapan, Minggu (15/9/2024). 

Ary Hutomo 

Peluncuran ini menjadi momentum penting bagi TAM untuk memperkenalkan varian terbaru Fortuner, yang diharapkan semakin memperkuat dominasi mereka di wilayah ini.

Menurut Ary, antusiasme masyarakat Kalimantan Timur terhadap Toyota Fortuner cukup besar. 

"Di bulan Juli ini, kami melihat antusiasme yang sangat baik dari konsumen, dan kami berharap dengan produk baru ini, penjualan dapat terus meningkat," ungkapnya.

Varian Fortuner 4x2 dan 4x4 memiliki pangsa pasar yang kuat di wilayah ini. Fortuner 4x2 mendominasi jalan raya perkotaan, sedangkan varian 4x4 banyak digunakan di industri pertambangan dan perkebunan kelapa sawit yang menjadi salah satu sektor dominan di Kalimantan. 

"Untuk pasar 4x4, market share kami bahkan mencapai 78%, jauh lebih tinggi dibandingkan 4x2 yang sekitar 60%," jelas Ary.

Kalimantan dengan kontur geografis yang menantang, serta dominasi sektor perkebunan dan pertambangan, membuat SUV seperti Fortuner menjadi pilihan utama. 

TAM optimis bahwa varian terbaru dari Fortuner akan semakin diterima konsumen. "Ekspektasi kami, dengan produk terbaru ini, konsumen bisa merasakan pengalaman baru dari beberapa fitur unggulan yang kami tawarkan," tutup Ary.

Penjualan Toyota Fortuner di Kalimantan ditinjang oleh tiga dealer, yakni Auto2000, Graha Toyota, dan Sumber Harapan. ***