Bawaslu Lantik 18 Panwascam Kota Balikpapan
Politik

Bawaslu Lantik 18 Panwascam Kota Balikpapan

  • Panwascam Kota Balikpapan untuk menjaga integritas, karena hal tersebut adalah penting dilakukan sebagai pengawas penyelenggara Pemilu.
Politik
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Se Kota Balikpapan, untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 resmi dilantik.

Pelantikan dilakukan secara langsung oleh Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Balikpapan, Wasanti, di Ballroom Hotel Platinum Kota Balikpapan, pada hari Jumat, 24 Mei 2024.

Sebanyak 18 Panwascam Se Kota Balikpapan dilantik, masing-masing Kecamatan sebanyak tiga orang Panwascam.

Wasanti minta Panwascam Kota Balikpapan untuk menjaga integritas, karena hal tersebut adalah penting dilakukan sebagai pengawas penyelenggara Pemilu. 

"Kami terus tekankan kepada panwascam, karena berdasarkan pengalaman pada saat Pemilu 2024 Bawaslu Kota Balikpapan memberhentikan satu anggota Panwascam, karena tervonis bermain dengan salah satu Calon Legislatif Kota Balikpapan atau peserta pemilu," jelasnya kepada media.

Selain itu, Panwascam juga harus mempelajari aturan undang-undang yang berlaku pada pelaksanaan Pilkada, karena undang-undang yang digunakan berbeda dengan pemilu sebelumnya. Tentunya, ada pelajaran baru lagi yang harus dipelajari.

BACA JUGA:

Wasanti mengatakan kerja Panwascam dalam mengawal Pilkada Tahun 2024 sangat penting, Panwascam dapat berkordinasi dengan stakeholder terkait termasuk tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam menjalankan tugasnya.

"Teman-teman benar-benar lebih peduli terhadap apa yang menjadi tugas dan fungsinya. Lakukan yang terbaik, dengan kerja yang baik. Kawal dan awasi jalannya Pilkada," serunya.

Bawaslu akan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada panwascam yang baru saja dilantik, untuk penguatan kapasitas bagi teman-teman Panwascam. Bimtek akan berlangsung  pada hari Minggu, 26 Mei 2024.

Panwascam akan mulai menjalankan tugasnya pada saat pemutakhiran data sekitar bulan Juli 2024, sesuai dengan jadwalnya, karena Balikpapan tidak ada calon perseorangan sehingga tidak ada verifikasi faktual dan lainnya.

Terkait pemilihan Ketua Panwascam, sesuai dengan mekanisme akan di lakukan dengan pleno untuk menentukan Ketua Panwascam seperti misalnya dengan musyawarah mufakat atau voting. 

"Setelah ini mereka akan menentukan siapa ketua, siapa yang divisi pencegahan dan divisi penanganan sengketa," terangnya. ***